Sabtu, 31 Desember 2011

Tahun Baru Berbagai Versi

Horee, kemaren kita tahun baruan :D oiya, happy new year 2012 semuanya!! Oiya, selain tahun baru yang sering kita rayain itu, masih banyak loh tahun baru versi lain yang dirayakan banyak orang di dunia ini. Apa aja sih tahun baru versi lain itu?? Bagaimana perhitungan tanggalnya?? Ini dia 6 diantaranya!!

1. Tahun Baru Tiongkok
Nah, kalo ini kita lebih mengenalnya dengan Tahun Baru Imlek. Biasanya jatuh pada malam pertama di bulan pertama menurut kalender Tionghoa, bertepatan dengan musim dingin. Kalau menurut kalender Masehi (kalender yang umum kita punya), berkisar antara bulan Januari sampai Februari. Penghitungan awal tahun berdasarkan gabungan kalender bulan & matahari. Tahun baru ini dirayakan orang Tionghoa di seluruh dunia.

2. Tahun Baru Islam
Biasanya disebut Tahun Baru Hijriyah, bertepatan dengan tanggal 1 Muharram. Penghitungannya menggunakan kalender Hijriyah, untuk mengenang Hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah menuju Madinah pada tahun 622 Masehi. Tahun baru Hijriyah ini dirayakan oleh seluruh umat Muslim di dunia.

3. Tahun Baru Saka
Ini adalah tahun baru yang dirayakan oleh umat Hindu di P. Bali & P. Lombok. Perayaan ini dikenal dengan Nyepi, dimana semua kegiatan dihentikan untuk hari itu. Penghitungannya menggunakan kalender Saka Bali.

4. Tahun Baru Jepang
Perayaan ini dikenal dengan nama Sanga Nichi, berlangsung pada tanggal 1-3 Januari. Penghitungan tahun baru negeri Matahari Terbit ini menggunakan kalender Gregorian, sejak 1 Januari 1873. Selain untuk menghormati arwah leluhur, Tahun Baru Jepang juga digunakan sebagai momen memajang perhiasan tahun baru berupa ranting daun pinus & potongan bambu yang bernama Kadomatsu di pintu masuk rumah atau gedung.

5. Tahun Baru Thailand
Perayaan nya ditandai dengan Festival Songkran, dimana semua orang di Thailand saling beramal, berkunjung ke kuil & saling memercikan air tanda kesuburan & membersihkan hal yang buruk. Penghitungan tahun baru di Thailand ini menggunakan kalender sendiri, yang awal tahunnya jatuh sekitar tanggal 13-15 April.

6. Tahun Baru Vietnam
Dikenal dengan sebutan Tet Nguyen Dat (Tet), dirayakan bangsa Vietnam sejak tahun 500 SM. Penghitungannya menggunakan kalender Tionghoa, makanya perayaannya gak beda jauh sama perayaan Imlek, paling lama jatuh di hari ke 3 bulan pertama. Tradisinya pun hampir sama dengan Imlek, dimana bangsa Vietnam merayakannya sambil membuat masakan istimewa, membersihkan rumah & makam, mengunjungi sanak saudara & mendoakan arwah leluhur.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar