Sabtu, 31 Desember 2011

Badai Matahari

Kita semakin sering mendengar istilah badai matahari (solar storm). Di film Knowing disebutkan bahwa penyebab hancurnya bumi adalah lontaran badai matahari yang sangat besar menyentuh bumi. Benarkah begitu??

Magnet Matahari
Matahari yang menyinari bumi selalu beraktivitas atau bergerak. Selama pergerakannya normal, matahari gak berbahaya. Tapi kegiatan matahari gak selalu sama, kadang berubah-ubah. Berdasarkan penelitian, setiap 11 tahun terjadi aktivitas besar matahari. Salah satunya keluar badai berupa semburan proton & elektron dari matahari. Diperkirakan tahun 2011 & 2012 sekarang ini terjadi puncak semburan badai matahari. Inilah salah 1 gosip akan terjadi kiamat pada tahun 2012 seperti di film 2012


Sangat Berbahaya
Berbahayakah badai matahari?? Sangat berbahaya. Tapi beruntunglah bumi kita jauh dari matahari & ada berbagai lapisan pelindung di langit bumi. Badai matahari berbahaya buat para astronot yang ada di orbit. Mereka bisa kehilangan kontak dengan stasiun di bumi, bahkan bisa meninggal.

Listrik & Komunikasi
Berdasarkan penelitian & kejadian, akibat paling parah terasa jika terjadi badai matahari ialah terganggunnya saluran listrik & jaringan komunikasi. Menurut para ahli, seluruh alat komunikasi yang menggunakan sinyal elektromagnetik akan terganggu saat badai matahari. Misalnya HP, alat GPS, komunikasi satelit seperti TV berbayar, ATM, internet tanpa kabel, Wi-Fi, dll. Badai matahari baru akan sampai di bumi sekitar 2 hari. Ada kemungkinan akan terjadi gangguan saat nelpon & nonton TV selama berhari-hari.

Peristiwa Quebec
Badai matahari sebelumnya pernah terjadi di Quebec, Kanada pada tanggal 13 Maret 1989. Saat itu sebanyak 6 juta orang kehilangan daya listrik selama 9 jam. Badai matahari pada saat itu bukan puncak ledakan. Sedangkan sekitar tahun 2012 ini diperkirakan sebagai puncak badai matahari. Kemungkinan terburuk, misalnya, bisa aja suatu wilayah yang terkena badai tanpa listrik selama 2 hari. Bayangkan jika kota besar seperti Jakarta tanpa listrik selama 2 hari? Pasti bakalan terjadi kerugian besar.

Sejak 1859
Para peneliti mulai mengerti kegiatan badai matahari sejak tahun 1859. Ketika itu para peneliti udah sepakat bahwa badai matahari akan datang lagi. Badai yang terjadi tanggal 1-2 September 1859 itu jadi titik tolak penelitian tentang badai matahari sampai sekarang. Saat badai datang, banyak kejadian aneh yang dialami & dilihat penduduk bumi. Misalnya kabel sambungan telegraf di Amerika Serikat & Eropa tiba-tiba putus & memancarkan api. Belakangan diketahui kejadian yang menimpa alat komunikasi bersamaan dengan terjadinya aktivitas matahari.

Kekuatan Badai
Berapa kekuatan badai matahari ketika sampai ke bumi?? Cahaya matahari sendiri terpancar dengan kecepatan 299.793 km per detik. Ketika terjadi ledakan kecepatannya bisa mencapai 400 km per detik. Perlu diketahui, badai matahari punya ukuran tingkatan ledakan dari 1 sampai 5. Ledakan yang diperkirakan terjadi pada 2012 berada di level 3 atau kekuatan sedang. Meski sedang, tapi kekuatannya sama dengan 66 juta kali ledakan bom atom yang jatuh di Hiroshima & Nagasaki, Jepang saat perang dunia ke 2.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar