Rabu, 12 Juni 2013

Masalah Akibat Keseringan Begadang

Saat ini, begadang bukan lagi sekedar kegiatan iseng yang dilakukan orang. Begadang bisa jadi sebuah kewajiban, seperti bagi para pekerja shift malam, atau kebutuhan sosial bagi para sosialita yang ingin bergaul. Banyak orang yang masih sangat sibuk dan aktif di malam hari, hingga mereka tak punya cukup waktu tidur karena esok paginya harus menjalani rutinitas lagi.

Kebanyakan orang merasa nyaman menjalani pola hidup semacam ini tanpa memahami efek negatif yang bisa disebabkan kebiasaan begadang pada kesehatan mereka. Kurang tidur tak hanya bisa merusak sel otak, melainkan juga memicu banyaknya masalah kesehatan, seperti dilansir oleh Boldsky (27/02) berikut ini.

Selasa, 11 Juni 2013

Misteri Nyali

Apa yang membuat penjelajah mau menghadapi bahaya dan terus melanjutkan perjalanan?

Oleh Peter Gwin. Foto oleh John Stanmeyer

Orang yang memimpin ekspedisi masyhur sepanjang jalur Grand Canyon sama sekali tidak mirip sosok petualang dari masa 1870-an. Tinggi John Wesley Powell hanya 168 sentimeter, dengan rambut kaku seperti bulu sikat, dan jenggot awut-awutan­—dengan noda tembakau—yang panjangnya sampai ke dada.

Lengan kanannya buntung, kena peluru miniĆ© saat Pertempuran Shiloh. Tetapi, setelah perang, ia pergi menyurvei Pegunungan Rocky, hidup di antara suku-suku Indian yang berseteru, mengarungi Sungai Green dan Colorado, dan menjelajahi labirin yang belum terpetakan dari salah satu sistem ngarai terbesar di dunia. Orang asing mungkin ber­tanya-tanya apa yang membuat profesor uni­versitas berlengan satu ini memulai se­jumlah eksplorasi paling berisiko pada masanya.

Sebenarnya, hal yang sama bisa saja di­tanya­kan kepada 32 orang yang bergabung dengan Powell pada 13 Januari 1888, di Cosmos Club Washington D. C. Seperti diri­nya, sebagian besar dari mereka telah melakukan perjalanan berbahaya versi mereka sendiri ke pedalaman tak dikenal. Di antara mereka terdapat veteran Perang Sipil dan operasi militer Indian, perwira angkatan laut, pendaki gunung, ahli meteorologi, insinyur, naturalis, kartografer, ahli etnologi, dan wartawan yang pernah me­nyeberangi Siberia. Mereka adalah orang-orang yang pernah terdampar di Arktika, ber­hasil selamat melalui cuaca buruk di laut, lolos dari serangan binatang dan avalans, meng­alami kelaparan ekstrem, dan bertahan me­lawan kesepian yang menghancurkan jiwa, dalam perjalanan-perjalanan mengarungi lanskap terpencil.

Penemuan Tumor Jinak Berusia 120 Ribu Tahun

Temuan tumor ini berdasarkan tulang yang ditemukan pada tahun 1899 di sebuah desa Kroasia bernama Krapina.

Perbandingan anatomi manusia Neanderthal dengan manusia modern (Joe McNally, National Geographic)

Jejak tumor jinak ditemukan pada tulang-belulang nenek moyang manusia, Neanderthal, yang berusia 120.000 tahun. Tumor ini mirip dengan yang dimiliki manusia modern saat ini.

Dalam tulang iga yang ditemukan, terjadi kondisi fibrous dysplasia yakni kondisi kronis di mana tulang tumbuh secara tidak normal. Dengan demikian, ini menjadi tumor tertua yang berusia lebih dari 100.000 tahun.

Tulang ini ditemukan di Krapina, Kroasia, dan mengindikasikan bahwa, meski miliki lingkungan yang berbeda, nenek moyang manusia ini juga rentan terhadap tumor seperti layaknya manusia modern.

Fakta Baru Taman Gantung Babilonia

Salah penafsiran dalam penerjemahan dianggap sebagai salah satu kealpaan mengenai keberadaan persisnya Taman Gantung.


Taman gantung Babilonia yang begitu legendaris, selama diketahui terletak di Babilonia atau sekarang bernama Al Hillah, Irak. Keberadaannya yang misterius dan kecantikan yang digambarkan, membuat Taman gantung Babilonia merupakan satu dari Tujuh Keajaiban Kuno Dunia.

Namun, studi terbaru yang dilakukan oleh Stephanie Dalley dari Oxford University, mengungkap fakta baru mengenai taman gantung ini. Hasil studi menyatakan bahwa taman gantung yang bukanlah terletak di Al Hillah, melainkan sekitar 340 kilometer di sebelah utara Babilonia Kuno di Nineveh yang berada di tepian timur Sungai Tigris --kini Mosul di Irak.

Senin, 10 Juni 2013

Mengapa Dilarang Menyalakan Ponsel di Pesawat?


Ponsel yang terkoneksi BTS, meski tidak digunakan berkomunikasi, tetap aktif mencari sinyal.

Berita nasional dua hari ini berisi tentang kecaman yang diterima Kepala Dinas Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah (BKPMD) Provinsi Bangka Belitung (Babel) Zakaria Umar Hadi yang dikenakan Pasal 351 KUHP setelah memukul pramugari salah satu penerbangan nasional.

Tersebab? Zakaria kesal karena ditegur Nur Febrianti --nama si pramugari-- untuk mematikan ponselnya saat pesawat akan lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta sekitar satu jam sebelumnya. Seharusnya Zakaria berterima kasih bahwa Nur Febrianti melakukan tindak pencegahan kecelakaan yang menyelamatkan nyawa pejabat ini dan seluruh penumpang lainnya.

Sabtu, 08 Juni 2013

Petualangan R-Bros di Pangandaran (Hari Pertama)

Widiihhh, akhirnya gue nge-blog lagi setelah vakum selama 4 bulan lamanya karena suatu hal gila yang harus dijalani oleh semua anak sekolah yang dipanggil UN. Dan sekarang, hal yang dianggap lebih menakutkan dari hantu itu pun sudah selesai. Bisa dilihat, setelah UN para siswa jomblo di sekolah gue gemar membuat tiang bendera berkarat karena terlalu banyak menangisi mantan, emang mengerikan. Tapi kok gue ngga? Karena gue….gak punya mantan .-.
Tapi untungnya guru di sekolah gue tau cara meminimalisir hal tersebut. Maka dari itu guru di sekolah gue mengatakan bahwa Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya. setelah UN kelas 9 akan ke Pangandaran, wuhuuu!! Semua bersorak kegirangan. Ada yang mengganti tiang bendera, ada yang masih galau dan ada juga yang bakar ban abis itu nangis, karena dia baru tau kalo yang dibakar itu ban motornya sendiri.
Mari Menggila, Kawan!!

Pas hari keberangkatan, gue ada di bis 4 sama semua anak 9.8, beberapa siswa 99 dan 3 siswa 94 yang entah datang dari mana. Gue duduk sama Rudi, mantan ketua OSIS, tapi jangan anggap bahwa Rudi adalah mantan pacar ketua OSIS, karena pacarnya sekarang menjadi ketua OSIS pula. Gue duduk di paling depan (bagi yang berpikir gue jadi supir dan Rudi jadi kenek, itu semua benar salah) dan selama perjalanan gue dan Rudi ngobrol tentang banyak hal, Jerman, agama, bisnis, masa depan, bola, R-Bros dll. Bener kata Rudi, kalo obrolan kita ditulis dalam sebuah buku, buku tersebut akan lebih tebal dari semua novel Harry Potter yang dijadikan 1.

Kiat-Kiat Menjadi Hipster Sepakbola


1. Klaimlah bahwa anda mendukung kampanye “Against Modern Football”
2. Walau “Against Modern Football”, tidak apa-apa membeli jersey klub selama bukan klub besar.
3.Saat ditanya siapa yang lebih hebat, “Pele atau Maradona?”, jawablah, “Garrincha”.
4.Pasang lambang tengkorak St. Pauli sebagai avatar Twitter.
5. Jadikan buku Inverting The Pyramid dan pujalah Jonathan Wilson sebagai nabi.

Rabu, 05 Juni 2013

Tangga "Hantu" di Cincin Saturnus

Foto tangga "hantu" ini berhasil diambil Cassini dari jarak 686 ribu kilometer dari Saturnus dengan sudut fase sekitar 162 derajat.

Fenomena berbentuk tangga "hantu" di cincin F Saturnus, diambil pada 13 Februari 2013 dan baru ditampilkan di situs milik NASA pada 27 Mei 2013 lalu. (Cassini/NASA)

Cincin F selaku salah satu cincin yang mengelilingi Saturnus dikenal memiliki struktur yang misterius. Cincin yang mengorbit sekitar 82.000 kilometer dari titik ekuatorial tertinggi ini adalah struktur yang lekat dan sabuk berseluk dari partikel es cerah.

Lebarnya bisa mencapai 30 hingga 500 kilometer. Terkadang bisa nampak seperti selukan yang solid atau kabel terbelit yang dikelilingi oleh kabut tebal.

Homo Erectus Lebih Pintar dari Perkiraan

Homo erectus punya kemampuan lebih dalam hal menjaga api dan memastikan kelangsungan nyalanya demi makanan serta rasa hangat.

Studi terbaru menunjukkan bahwa nenek moyang manusia Homo erectus ternyata memiliki kemampuan intelegensia yang tinggi. Kesimpulan ini didapat dari kebiasaan mereka menggunakan api.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Cambridge Archaeological Journal pada Februari lalu memperlihatkan bahwa penggunaan api membutuhkan perencanaan jangka panjang, kerja sama kelompok, adanya hambatan. Bukti awal mengenai penggunaan api dalam studi ini menunjukkan bahwa nenek moyang, manusia purba Homo erectus mungkin lebih cerdas dari perkiraan sebelumnya.

Selasa, 04 Juni 2013

Lima Klub Terbaik Abad 21


Abad 20 diakhiri dengan raihan treble winners yang dicatatkan oleh Manchester United (Tahun 1999). Dan kemudian banyak klub hebat lainnya yang berhasil menyamai prestasi United memasuki abad 21. Lantas, klub mana sajakah yang dimaksud? Berikut kami sajikan lima klub terbaik di abad 21 :