Kamis, 16 Agustus 2012

Bagian-Bagian Yang Ada di Dalam Al-Qur'an

1. Surah
Al-Qur’an terdiri dari 114 surah. Masing-masing memiliki sebuah nama yang mencerminkan isi dan kandungannya, tetapi ada juga surah yang memiliki lebih dari 1 nama. Diantaranya : Al-Fatihah (Ummul Qura’ dan Sa’bul Masani), At-Taubah (Bara’ah), Al-Isra (Bani Israil), Fatir (Al-Malaikah), Gafir (Al-Mu’min), Fussilat (Ha Mim As-Sajdah), Al-Insan (Ad-Dahr), Al-Mutaffifin (Al-Tatfif) dan Al-Lahab (Al-Masad)

2. Ayat
Ayat adalah bagian terkecil yang terdapat di dalam Al-Qur’an, ayat juga merupakan komponen dasar pada suatu surah. Dari 114 surah yang ada di dalam Al-Qur’an, terdapat 6236 ayat berdasarkan perhitungan ahli Kuffah yang bersumber dari Abu Abdur Rahman Abdullah bin Habib As-Sulami dari Ali bin Abi Thalib. Jumlah ayat inilah yang digunakan pada Mushaf Al-Qur’an yang paling banyak beredar di masyarakat termasuk Mushaf Syaamil Al-Qur’an

3. Juz
Kitab suci Al-Qur’an terbagi menjadi 30 juz yang berdekatan agar mudah dibaca dalam 1 bulan penuh. Pembagian ini dilakukai seusai dengan perintah Rasulullah Saw. Agar umatnya membaca atau mengkhatamkan Al-Qur’an tidak lebih dari 1 bulan.
“Dari Abdullah bin Amru berkata bahwa Rasulullah Saw. Bersabda: ‘Bacalah Al-Qur’an itu dalam 1 bulan’ maka aku berkata ‘Sesungguhnya aku mampu lebih dari itu’ Dan setelah itu beliau bersabda ‘Kalau begitu, bacalah (khatamkanlah) Al-Qur’an dalam 7 hari dan janganlah melewati batas itu” (HR Bukhari, Muslim, Abu Daud, Ad-Darimi)

4. Hizb
Hizb terdiri dari setengah juz. Setiap Hizb dibagi lagi menjadi 4 bagian yang disebut dengan seperempat Hizb

5. Rukuk
Rukuk adalah kumpulan beberapa ayat yang sebaiknya dibaca dalam 1 rakaat shalat. Rukuk ditandai dengan huruf ‘Ain yang diletakkan di pinggir kiri atau kanan Mushaf.
Pembagian Rukuk ini muncul atas dasar kebiasaan generasi terdahulu dalam meng-khatamkan Al-Qur’an ketika shalat Fardu. Jika jumlah rukuk atau ‘Ain dalam Al-Qur’an terdiri dari 558 dan dalam sehari kita membaca ayat-ayat Al-Qur’an selain Al-Fatihah sebanyak 10 kali (setiap shalat 2 kali), Al-Qur’an dapat dikhatamkan di dalam shalat selama kurang dari 2 bulan (558/10=55,8 hari)

6. Manzil
Manzil adalah pembagian Al-Qur’an menjadi 7 bagian yang hampir sama, dengan tujuan untuk memudahkan meng-khatamkan Al-Qur’an dalam waktu 7 hari. Berikut ini adalah awal tiap Manzil tersebut:
1. Surah Al-Fatihah
2. Surah Al-Ma’idah
3. Surah Yunus
4. Surah Bani Israil atau Al-Isra
5. Surah Asy-Syu’ara
6. Surah As-Saffat
7. Surah Qaf
Ketujuh nama surah tersebut disingkat dan dirangkai menjadi sebuah akronim yaitu : FAMY BISYAWQIN.
Pembagian Al-Qur’an menjadi 7 bagian Manzil ini juga didasarkan pada sabda Rasulullah Saw., sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, dan juga berdasarkan tradisi membaca para sahabat dan generasi salafussalih setelahnya

Wallahu a’lam

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar