Sabtu, 23 April 2011

Seni Beladiri Paling Terkenal di Dunia

1. Karate
Karate semula berasal dari China yang dibawa masuk ke Jepang lewat Okinawa. Pada awalnya di Jepang karate disebut Tote yang berarti tangan Cina. Lalu oleh Sensei Gichin namanya diubah menjadi Karate yang artinya tangan kosong.
Karate mempunyai 3 latihan dasar yaitu Kihon (teknik memukul, menendang & menangkis), Kata (latihan jurus yang membentuk suatu pola) & Kumite (latihan bertanding).
Falsafah karate adalah Rakka (bunga yang berguguran). Hanya dengan 1 gerakan diatas pohon, ia pun mampu menggugurkan bunga di pohon itu. Falsafah lainnya adalah Mizu No Kokoro (pikiran tenang seperti air). Jika pikiran dilatih agar selalu tenang, seorang karateka akan mampu mengelak & menangkis serangan.

2. Judo
Judo adalah pengembangan dari seni bela diri kuno Jepang yang disebut Jiujutsu. Ini adalah seni bertahan & menyerang menggunakan tangan kosong atau senjata pendek yang merupakan teknik bertempur prajurit. Lalu dikembangkan sebagai seni bela diri Jepang oleh Jigoro Kano pada tahun 1882.
Filosofi Judo adalah Zen'yo (penggunaan energi secara efisien) & Jita Kyoei (keuntungan bagi diri sendiri & orang lain). Jadi meski terlihat halus namun sebenarnya judo merupakan gabungan antara teknik keras & lembut.
Atlet judo harus memakai jaket dari bahan tebal yang dirancang untuk melindungi tubuh dari benturan akibat dibanting ke lantai. Teknik judo adalah teknik bantingan yang dibagi lagi menjadi teknik beladiri & teknik menjatuhkan diri.


3. Wushu
Beladiri ini berasal dari Tiongkok Kuno. Konon beladiri ini sudah berumur ribuan tahun. Wushu berasal dari kata Wu yang artinya ilmu perang & Shu yang artinya seni. Jadi bisa disimpulkan bahwa Wushu adalah seni perang yang mengandung aspek seni, olahraga, kesehatan, beladiri & mental.
Wushu tak hanya melibatkan olah fisik tapi juga pikiran, olah pernapasan, pemahaman anatomi tubuh, aliran darah & mempelajari penggunaan ramuan untuk memperkuat tubuh atau pengobatan. Wushu yang sekarang ini disebut modern wushu yang berasal dari berbagai aliran Wushu tradisional.

4. Sumo
Pegulat Sumo (Rikishi) harus gemuk karena ini adalah seni beladiri yang saling dorong antara 2 orang pegulat. Dalam Literatur klasik Jepang abad ke 8, bentuk awal Sumo dikenal dengan sebutan Sumai. Pertandingan ini harus didahului berbagai upacara tradisi.
Sumo sering dikaitkan dengan ritual agama Shinto. Ring untuk pertandingan Sumo disebut Dohyo (campuran tanah liat yang dikeraskan dengan pasir yang disebarkan di atasnya). Seorang Rikishi memanjangkan rambutnya agar saat bertanding bisa disanggul seperti samurai Zaman Edo. Rikishi senior mendapat gaji yang tinggi, berbagai bonus uang & hadiah dari sponsor.

5. TaiChi
Seni beladiri Taichi sering disebut sebagai olahraga pernapasan dari China. Tai bermakna agung, dahsyat & Chi berarti air hawa murni (tenaga yang sangat halus) dalam diri manusia. Karena gerakannya lembut & halus, Taichi kebanyakan diikuti oleh para manula. Manfaat Taichi adalah mengatur pernapasan & perbaikan aliran darah, sehingga otot bekerja dengan normal kembali. Jika kita latihan TaiChi terus menerus, maka badan kita akan semakin kuat & akhirnya kekuatan itu bisa tersimpan dalam tubuh.

6. Taekwondo
Taekwondo (juga dieja Tae Kwon Do, Taekwon-Do) merupakan olahraga beladiri asal Korea Selatan yang paling terkenal. Taekwondo juga menjadi olahraga nasional Korea & Taekwondo juga termasuk olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade. Taekwondo merupakan gabungan teknik perkelahian, beladiri, olahraga, olah tubuh, hiburan & filsafat.
Dalam Taekwondo juga ada banyak aliran, tapi pada umumnya Taekwondo menekankan tendangan yang dilakukan sambil bergerak, menggunakan daya jangkau & kekuatan kaki untuk melumpuhkan lawan dari kejauhan. Dalam suatu pertandingan, tendangan berputar, 45 derajat, depan, kapak & samping banyak dipergunakan. Tendangan dilakukan sambil melompat, berputar, skip & menjatuhkan & gabungan beberapa tendangan. Latihan Taekwondo juga mengajarkan pukulan & pertahanan dengan tangan.

7. Capoeira
Seni beladiri ini diciptakan sekitar 1500an oleh budak Afrika. Mereka dibawa oleh orang Portugis untuk bekerja di perkebunan besar di Brazil. Budak yang melarikan diri akan dikejar oleh mandor kehutanan. Biasanya mereka bertarung di tanah lapang dalam hutan yang dalam, bahasa setempat disebut ca-pulra.
Nah, untuk menghadapi pertarungan itu biasanya diiringi musik yang disebut Jogo denagn alat musik yang khas. Gerakannya seperti tarian & menitikberatkan pada tendangan. Lama-lama seni beladiri ini menyebar ke seluruh dunia.

8. Tarung Derajat
Tarung derajat atau Kick Boxing merupakan salah 1 seni beladiri asli Indonesia. Didirikan oleh Iwa Rahadian A yang mendirikan Bandung Karate Club (BKC). Lalu Iwa menurunkan ilmunya kepada GH. Achmad Derajat AA Boxer. Sekitar 18 Juli 1972 Achmad Derajat yang sudah keluar dari BKC mendirikan Boxer. Olahraga ini mempunyai perpaduan 5 unsur daya gerak yang terdiri dari kekuatan, kecepatan, ketepatan, keberanian & keuletan. Latihan fisiknya cukup keras untuk melatih kekuatan fisik. salah 1 falsafah Tarung Derajat adalah beajar Tarung Derajat untuk mengalahkan diri sendiri bukan untuk dikalahkan orang lain.

Related Articles

5 komentar:

  1. kick boxing berbeda dengan tarung drajat dan karate!!!!

    BalasHapus
  2. Ooh, maaf ath kalo salah, namanya juga dapet dari buku, mau gimana lagi

    BalasHapus
  3. Tarung derajat bukan diciptakan oleh Iwa Rahadian A, tapi diciptakan oleh H. Achmad Dradjat (asal Bandung).. Iwa adalah mantan guru Achmad drajat, itu pun beliau keluar saat masih sabuk putih atau tingkat pertama...Tarung derajat tidak ada hubungannya dengan kick boxing, karate tae kwon do maupun silat, ini beladiri yang berdiri sendiri sesuai dengan kemampuan pribadi sang Guru achmad Dradjat tdk ada hubungan dgn beladiri aliran lain. jadi mohon redaksi merubah posting di atas dan cari sumber yang akurat jangan asal posting saja, Beri informasi yang benar jangan informasi yang menyesatkan. saya bukan praktisi tarung derajat tapi saya bangga dengan Beladiri asli Indonesia ini. semoga sukses selalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang saya baca di kebanyakan berita, bahwa AA Ahmad Drajad, belajar Karate kepada Kang Iwa sampai sabuk coklat. Gaya awal BKC adalah Kyokushin dari mas Oyama. gaya inilah yang kemudian dibawa boxer, ditambah dengan variasi2 lainnya dari Boxer sendiri.BKC sudah tidak bawa gaya ini lagi karena bergabung dengan FORKI, sehingga BKC merubah gaya sekarang ke shotokan Karate, kalau tidak salah ya..

      Hapus
  4. Sebelum tahun 1972 AA Boxer (H.A.Drajat) adalah murid kang Iwa Rahadian Arsanata.lalu keluar dari BKC. Dan tidak pernah mengakui Kang Iwa sebagai gurunya.
    Sejarah ini tetap tertoreh dengan tinta merah dalam buku sejarah BKC.
    Kami sebagai anggota BKC tau betul hal itu.

    BalasHapus