Rabu, 17 April 2013

Cara Mengganti Info Lagu MP3 pada Android


Selain dipakai sebagai perangkat komunikasi, ponsel Android kerap dipakai pula sebagai media hiburan bagi penggunanya. Agar kenikmatan Anda dalam mendengarkan hiburan semakin lengkap, media player biasanya akan secara otomatis menyajikan info lagu lengkap dengan album art yang dimilikinya. Info lagu yang disimpan dalam format ID Tag tersebut memang sengaja disisipkan kedalam file MP3 guna memberikan rincian informasi mengenai nama artis, nama album, tahun hingga genre lagu bersangkutan. Namun begitu adakalanya, ID Tag lagu yang tersimpan dalam ponsel Anda corrupt sehingga music player gagal menampilkan album art dan info lagu yang dimaksud. Nah, untuk mengatasi ini Anda bisa mengikuti langkah berikut:

iTag – Music Tag Editor
Untuk mengedit atau mengkoreksi ID Tag lagu pada ponsel, Anda dapat memilih salah satu dari segudang aplikasi yang ditawarkan secara gratis di Google Play. Nah, salah satu aplikasi yang direkomendasikan adalah iTag yang bisa anda dapatkan secara gratis dari Play Store. Ini dia caranya :

1. Lakukan Instalasi iTag dari Play Store. Buka iTag, sehingga akan muncul beberapa opsi yang dapat Anda pilih. Sesuai namanya, untuk mengedit tag lagu silakan pilih Songs. Sementara, untuk mengedit album pilih saja album.



2. Jika Anda memilih song, maka iTag akan menyajikan beberapa item dari ID Tag musik tersebut yang bisa Anda edit secara manual atau otomatis.




3. Berikut adalah beberapa item beserta keterangannya:





• Lucky Cover : Cari dan set secara otomatis cover art lagu Anda dari internet.
• Search Pic : Cari cover art dari internet dan pilih cover art dari hasil pencarian yang diberikan.
• Clear Cover : Gunakan ‘clear cover’ untuk menghapus cover art lagu yang corrupt atau salah.
• Pick Picture : Pilih cover art dari gambar yang tersimpan pada ponsel.
• Match with title : Cari tag lagu secara otomatis dari internet berdasarkan nama file MP3 lagu.
• Clear Information below : Hapus seluruh ID Tag lagu yang salah.

Sumber

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar