Kamis, 04 April 2013

10 Pemain Terbaik Yang Hanya Memperkuat Satu Klub Selama 20 Tahun Lebih (Bagian 2)



Dengan Francesco Totti yang merayakan 20 tahunnya sejak menjalani debut untuk AS Roma, sumber menyajikan beberapa (dari nomor 5 sampai 1)  (jika ingin melihat nomor 10 sampai 6, klik disini) pemain sepakbola elit yang menghabiskan waktu dua dekade atau lebih di satu klub, hal yang sangat mirip dengan legenda Italia tersebut. Ini dia :

5. Rogerio Ceni, Sao Paolo (1992-sekarang)

Mewakili satu-satunya pemain non-Eropa di daftar ini: kiper Sao Paulo Rogerio Ceni. Dia adalah kiper langka yang telah bermain sebanyak 1065 kali untuk klubnya. Bukan hanya itu, Ceni adalah satu-satunya kiper di sejarah sepakbola yang mencetak 100 gol lebih (109 gol), di mana semua gol itu terjadi melalui titik putih ataupun tendangan bebas.

Ceni benar-benar seorang pemain istimewa dengan melihat statistik tersebut. Ia juga mengantar timnya meraih gelar juara liga sebanyak tiga kali dan menjadi juara Piala Dunia Antarklub pada tahun 2005. Tentu saja ia telah menjelma menjadi salah satu legenda terbesar di dunia sepakbola.
4. Paul Scholes, Manchester United (1993-sekarang)
Ketika Ryan Giggs disebut, maka sosok yang tidak boleh ditinggalkan adalah Scholes. Ia adalah sosok pemain yang menyamai pencapaian Giggs di Old Trafford. Mengawali karir sebagai gelandang serang di musim 1993/94, Scholes kini menjadi salah satu gelandang terbaik yang pernah ada.

Memiliki visi yang luas dan umpan jarak jauh yang sangat terukur, Scholes telah bermain sebanyak 713 kali dengan jersey merah dan menjadi pemain nomor tiga dalam daftar pengoleksi caps terbanyak di klub. Teknik permainannya sangat jarang dimiliki oleh pemain-pemain lain saat ini.

Scholes sempat mengumumkan untuk pensiun di bulan Mei 2011, namun ia akhirnya membatalkan keputusannya tersebut enam bulan kemudian setelah United mengalami badai cedera, dan kemudian ia menandatangani perpanjangan kontrak selama satu musim yang membuatnya bermain di tahun ini.

3. Ryan Giggs, Manchester United (1990-sekarang)
 Beralih ke Liga Primer Inggris, kita memiliki master dari semua legenda satu klub, yaitu Ryan Giggs. Pemain asal Wales tersebut sedang menjalani musim ke-23 tahun ini bersama Manchester United dan menjadi salah satu pemain terbaik di Old Trafford.

Bermain lebih dari 900 kali untuk Setan Merah, kehadiran Giggs masih diperlukan. Meski sudah berusia 39 tahun, dia terus menampilkan permainan yang tidak kalah dengan pemain-pemain muda ketika membawa bola. Seorang legenda sejati, yang tampaknya masih akan mampu berkarir hingga beberapa tahun ke depan.

Dia tentu saja juga mengoleksi banyak gelar juara bersama United dengan 12 gelar juara EPL, empat Piala FA, tiga Piala Liga dan juga dua gelar juara Liga Champions. Dengan masa pensiun yang tampaknya masih jauh, daya magisnya masih akan dapat dinikmati untuk beberapa tahun ke depan.
2. Paolo Maldini, AC Milan (1984-2009)
Partner Baresi di lini pertahanan adalah pemain legendaris AC Milan lainnya, yaitu Paolo Madlini. Dia melewati rekor caps Milan dengan bermain selama 25 tahun untuk Rossoneri dan semuanya di kasta tertinggi.

Maldini tidak hanya melampaui Baresi dalam hal tahun dan jumlah penampilan (902), tetapi juga dengan perolehan gelar juara. Maldini, yang pensiun di usia 41 tahun pada 2009, memenangkan Scudetto sebanyak tujuh kali dan lima kali gelar juara Liga Champions, di antara gelar lainnya. Dan dia menjadi pemain yang mengoleksi gelar juara Liga Champions terbanyak.

Mendapat julukan Il Capitano, Maldini menjadi simbol kepemimpinan baik untuk AC Milan ataupun timnas Italia, dan akan menjadi inspirasi untuk generasi berikutnya. Dan untuk menghormati jasanya, AC Milan sekarang mempesiunkan nomor 3 milik Maldini, dan akan dipakai lagi jika anaknya, Christian Maldini, masuk menjadi tim inti AC Milan di masa mendatang.

1. Franco Baresi, AC Milan (1977-1997)
Siapa lagi yang memulai daftar ini kalau bukan legenda sepakbola Italia Franco Bares. Bek AC Milan yang disebut sebagai salah satu pemain terbaik di dunia sepakbola ini adalah simbol sejati pemain Italia.

Memiliki julukan Piscinin di Milan, pencapaian Baresi bersama Rossoneri sangat luar biasa. Ia bermain sebanyak 719 kali di semua kompetisi, dia memenangkan enam gelar scudetto, tiga Liga Champions, empat Piala Supercoppa Italia, tiga Piala Super Eropa, dua Piala Intercontinental bersama timnya.

Legenda sejati, Baresi diberi kehormatan sebagai pemain terbaik AC Milan dalam satu abad pada 1999 menyusul pensiunnya dua tahun sebelumnya. Dan nomor punggung 6 miliknya pun dipensiunkan oleh AC Milan.  

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar