Selasa, 04 Juni 2013

5 Kandidat Pengganti Mourinho di Real Madrid

Sosok pelatih tampaknya bakal menjadi sisi utama perburuan Real Madrid pada bursa transfer kali ini. Ya, setelah Jose Mourinho memutuskan hengkang kembali ke Chelsea, kursi panas pelatih Los Blancos saat ini masih kosong.

Dalam beberapa pekan terakhir, beberapa santer diberitakan bakal segera merapat ke Santiago Bernabeu. Mulai Roberto Mancini, Jupp Heynckes hingga yang terbaru, Carlo Ancelotti. Namun dua kandidat yang disebut pertama tampaknya tak akan lagi masuk dalam radar manajemen Real Madrid.

Roberto Mancini memang dua musim lalu sukses bersama Manchester City, namun musim ini Mancini gagal total di The Citizens. Selain itu, manajemen City tampaknya tidak puas dengan kinerja Mancini yang kerap berselisih dengan pemain. Dan jelas, manajemen Real Madrid tak mau mengambil resiko kejadian saat masih dilatih Mourinho terulang.

Berbeda dengan Mancini, nama Heynckess tak lagi muncul ke permukaan setelah sang pelatih memutuskan untuk cuti selama semusim. Meskipun sang pelatih baru saja mencatatkan namanya dalam buku sejarah saat membawa Bayern Munich meraih treble. Lantas siapa kandidat pelatih yang akan menggantikan posisi Jose Mourinho di Real Madrid? Berikut lima kandidat itu :

1. Carlo Ancelotti

Inilah kandidat favorit para petaruh untuk jabatan pelatih Real Madrid. Namanya semakin santer diberitakan bakal segera merapat ke Bernabeu.

Bahkan kabar terakhir menyebut bahwa Presiden Real Madrid, Florentino Perez telah setuju mendatangkan Ancelotti ke Bernabeu. "Ancelotti akan cocok di Bernabeu. Dia adalah pelatih hebat dan saya pernah berusaha mendapatkannya. Dia saat ini masih terikat kontrak setahun bersama klub lain yang kami hormati. Kita tunggu saja," ujar Perez kepada Antena 3.

Jangan salah, Ancelotti adalah kandidat pelatih yang memiliki CV yang luar biasa dalam karir kepelatihannya. Ia sukses meraih gelar liga di tiga negara yang berbeda dan juga meraih dua gelar Liga Champions.

2. Zinedine Zidane

Banyak pertanyaan yang muncul saat nama legenda Prancis, Zinedine Zidane masuk sebagai kandidat pelatih Real Madrid musim depan. Namun buru-buru, Presiden klub, Florentino Perez menegaskan bahwa hal tersebut bisa terjadi.

"Zidane melatih Madrid? Mungkin saja. Dia memiliki sertifikat kepelatihan, mempunyai kompetensi, dan yang paling penting adalah dia seorang Madridista," ujar Perez kepada televisi Tele 5, sesaat setelah dirinya terpilih sebagai Presiden Real Madrid untuk satu periode lagi.

Mental juara Zidane saat masih bersama pemain jelas telah teruji. Lihat saja, gelar Ballon d'or, Piala Dunia 1998, Euro 2000, dua titel Serie A bersama Juventus dan satu gelar La Liga dan Liga Champions bersama Real Madrid menjadi acuannya.

Namun, banyak yang memprediksi salah satu batu sandungan apabila ia melatih Madrid adalah kurangnya pengalaman melatih. Tapi sekali lagi, seperti yang dikatakan Perez. Itu mungkin.

3. Michael Laudrup

Tidak diragukan lagi bahwa Michael Laudrup merupakan salah satu mantan pemain terbaik di daratan Eropa. Laudrup bermain bersama Real Madrid selama dua musim. Transfernya dari Barcelona kala itu menjadi kunci Los Blancos memutus supremasi domestik Blaugrana.

Sebagai mantan pemain, Laudrup jelas mengerti karakter Real Madrid. Inilah yang dibutuhkan oleh manajemen Real, utamanya Florentino Perez untuk memberikan stabilitas prestasi di Bernabeu.

Pelatih asal Denmark ini memiliki pengalaman melatih di Denmark, Rusia, Spanyol dan sekarang di Inggris bersama Swansea City. Di klub terakhir, kemampuan manajerial Laudrup terlihat jelas, Swansea ia bawa meraih gelar Piala Liga musim lalu dan juga nyaman di papan tengah Premier League.

4. Diego Simeone

Pada bulan Mei lalu, Atletico Madrid sukses mengalahkan rival sekota mereka, Real Madrid di final Copa del Rey yang memperparah musim terakhir Jose Mourinho di Santiago Bernabeu. Tapi bagi Atletico, ini merupakan kemenangan penting pertama dalam 14 tahun atas Real Madrid. Apalagi dikombinasikan dengan raihan tempat ketiga di La Liga, jelas ini adalah curriculum vitae yang menarik untuk ditawarkan seorang Diego Simeone.

Mantan pemain Sevilla, Atletico Madrid, Inter Milan dan Lazio ini mentransfer gaya penuh semangat dalam karirnya di atas lapangan sebagai pemain kepada gaya melatihnya saat ini.

Untuk ukuran sebuah klub yang terus dibayangi prestasi rival sekota selama hampir seumur sejarahnya, torehan Simeone saat memenangi Liga Europa, Piala Super Eropa dan Copa del Rey dalam 18 bulan terakhir jelas akan memberikan atensi manajemen Real Madrid. Dapatkan Simeone menjadi pelatih berikutnya di Bernabeu?

5. J├╝rgen Klopp

Prestasinya mengubah nasib Borussia Dortmund dari klub yang hampir 'punah' menjadi klub yang disegani di Bundesliga dan Eropa membuat nama Jurgen Klopp layak menempati posisi kursi panas di Bernabeu.

Musim lalu menjadi pertunjukan hebat bagi Dortmund. Meski gagal di Bundesliga saat kalah bersaing dengan Bayern Munich dan kalah dari tim yang sama di final Liga Champions, namun karakternya yang menyukai anak muda dan juga kemampuannya mengembangkan proyek pemain patut menjadi pertimbangan manajemen. Belum lagi kemampuan man management yang ia miliki, jelas perlu untuk meredam ego pemain-pemain bintang di Santiago Bernabeu.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar