Kamis, 04 April 2013

10 Pemain Terbaik Yang Hanya Memperkuat Satu Klub Selama 20 Tahun Lebih (Bagian 1)


Dengan Francesco Totti yang merayakan 20 tahunnya sejak menjalani debut untuk AS Roma, sumber akan menyajikan beberapa (Nomor 10 sampai 6) pemain  sepakbola elit yang menghabiskan waktu dua dekade atau lebih di satu klub, hal yang sangat mirip dengan legenda Italia tersebut. Ini dia :

10. Allesandro Costacurta, AC Milan (1987-2007)


Yang pertama adalah pemain AC Milan yang mengisi daftar ini dan sekaligus menjadi yang pertama di daftar ini. Pemain tersebut adalah Alessandro Costacurta, yang juga bermain bersama Baresi dan Maldini. Ketiganya menjadi kekuatan utama lini pertahanan Milan dan menjadi generasi emas di lini belakang.

Seperti Maldini, Costacurta juga memenangkan tujuh gelar juara Seria A Italia dan lima trofi Liga Champions. Dia adalah pemain tertua yang bermain di Liga Champions ketika Milan takluk oleh AEK Athens pada 2006, di mana saat itu ia berusia 40 tahun 211 hari. Dia benar-benar luar biasa.

9. Jack Chaltron, Leeds United (1952-1973)



Bagian dari satu-satunya timnas Inggris yang memenangkan Piala Dunia pada 1966 silam, Jack Charlton adalah pahlawan tanpa tanda jasa di Three Lions. Charlton menghabiskan karirnya di bawah bayang-bayang sosok Sir Bobby Charlton, legenda Manchester United.

Namun, di Leeds United, kontribusinya sangat dihargai. Ia mencatatkan rekor klub dengan tampil sebanyak 733 kali untuk Leeds. Ia juga mengoleksi gelar juara divisi I Inggris dan divisi II Inggris masing-masing sebanyak satu kali dan menjadi bagian dari skuat Whites paling sukses di tahun 1960 hingga 1970-an.

8. Billy Wright, Wolverhampton Wanderers (1939-1959)
 Kali ini sepakbola Inggris mengirim seorang bek sebagai perwakilan di daftar ini. Billy Wright adalah legenda sejati Wolves, dengan menghabiskan seluruh karirnya di klub Molineux tersebut. Ia bermain sebanyak 541 kali dengan mengoleksi juara liga tiga kali dan menjadi runner-up Ballon D'Or pada 1957.

Patung Wright didirikan  di samping stadion Molineux pada 1996 untuk mengenangnya.


7. Giuseppe Bergomi, Internazionale Milano (1979-1999)
Apa yang sebenarnya terjadi di Milan? Mereka tampak menghasilkan pemain, terutama seorang bek, yang dapat bermain hingga waktu yang hampir tidak terbatas! Giuseppe Bergo adalah salah satu bek legendaris lain yang dimiliki oleh Italia. Ia bermain sebanyak 756 kali untuk Nerazzurri dalam semua kompetisi.

Selama dua dekade bermain di Giuseppe Meazza, Bergomi mengoleksi gelar juara Scudetto sebanyak satu kali pada 1989, dan memenangkan tiga kali trofi Piala UEFA.

Pemain legendaris yang dilahirkan di sepakbola Italia.

6. Lev Yashin, Dynamo Moskwa (1950-1970)
Tetap di posisi kiper, kali ini penjaga gawang legendaris asal Uni Soviet, Lev Yashin. Pemain yang dikenal memiliki reflek yang sangat luar biasa sehingga ia sangat dapat diandalkan dalam menghalau peluang tim lawan.

Memenangkan lima gelar juara liga dan tiga trofi piala USSR, Yashin hingga saat ini masih menjadi satu-satunya kiper yang pernah memenangkan Ballon D'Or. Ia memiliki julukan sebagai laba-laba hitam, dengan jersey serba hitam yang ia kenakan. Yashin juga dianggap memiliki delapan tangan yang mampu menghadang setiap tembakan ke arah gawangnya. Total ia meraih 270 clean sheet sepanjang karirnya

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar