Rabu, 14 Maret 2012

Go Science With Kentut (Bagian 2)

Berapa Waktu yang Diperlukan oleh Kentut Untuk Sampai ke Hidung Orang Lain?
Tergantung kondisi udara. Seperti kelembapan, suhu, kecepatan dan arah angin, berat molekul gas kentut, jarak antara “transmitter” dan “receiver”. Begitu meninggalkan sumbernya, gas kentut menyebar dan konsentrasinya berkurang. Kalau kentut tidak terdeteksi dalam beberapa detik, berarti kentut tersebut mengalami pengenceran di udara dan hilang ditelan udara untuk selama-lamanya. Kecuali kalau anda kentut di tempat yang sempit, seperti lift, mobil atau wartel. Konsentrasinya akan lebih banyak sehingga baunya akan tinggal dalam waktu lama sampai akhirnya diserap oleh dinding

Apakah Setiap Orang Kentut?
Sudah pasti, kalau masih hidup. Bahkan, sesaat setelah meninggal pun orang masih bisa kentut.

Betulkah Laki-Laki Lebih Sering Kentut Dibandingkan Perempuan?
Tidak ada kaitannya dengan gender atau jenis kelamin. Kalau benar, kemungkinan perempuan menahan kentutnya. Dan saat kentut akan banyak sekali jumlah yang dikeluarkan.

Kapan Biasanya Orang Kentut?
Saat pagi hari di toilet. Yang disebut ”Morning Thunder”. Kalau resonansinya bagus, bisa kedengaran di seluruh penjuru rumah.

Mengapa Makan Kacang-Kacangan Menyebabkan Banyak Kentut?
Kacang-kacangan mengandung zat gula yang tidak bisa dicerna tubuh. Gula tersebut (raffinose, tachiose, verbascose) jika mencapai usus, bakteri di usus langsung berpesta pora dan membuat banyak gas. Jagung, paprika, kubis, kembang, kol dan susu juga penyebab banyak kentut (Bukan baunya tapi!!)

Selain Makanan, Apalagi Penyebab Kentut?
Udara yang tertelan, makan terburu-buru, makan tanpa dikunyah, minum softdrink, naik pesawat terbang (karena tekanan udara lebih rendah sehingga gas didalam usus mengalami ekspansi dan muncul dalam wujud kentut)

Apakah Kentut Sama Dengan Sendawa, Tapi Muncul Dari Lubang?
Tidak. Sendawa muncul dari perut, komposisi kimianya berbeda dengan kentut. Sendawa mengandung lebih banyak udara, kentut lebih banyak mengandung gas yang diproduksi oleh bakteri.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar