Rabu, 14 Maret 2012

Go Science With Kentut (Bagian 1)

Dari Mana Asal Kentut?
Kentut berasal dari gas di dalam usus. Gas dalam usus berasal dari udara yang kita telan, gas yang menerobos ke usus dari darah, gas dari reaksi kimia dan gas dari bakteri di dalam perut

Apa Komposisi Kentut?
Bervariasi. Makin banyak udara yang anda telan, makin banyak kadar nitrogen dalam kentut (Oksigen dari udara ter-absorbsi oleh tubuh sebelum sampai di usus). Adanya bakteri serta reaksi kimia antara asam perut dan cairan usus menghasilkan karbon dioksida. Bakteri juga menghasilkan metana dan hidrogen. Proporsi masing-masing gas tergantung apa yang anda makan, berapa banyak udara yang tertelan, jenis bakteri apa yang ada didalam usus dan berapa lama kita menahan kentut. Makin lama menahan kentut, makin besar proporsi nitrogen karena gas-gas lain terabsorbsi oleh darah melalui dinding usus. Orang yang makannya terburu-buru memiliki lebih banyak kadar oksigen dalam kentutnya karena tubuhnya tidak sempat mengabsorbsi oksigen.

Mengapa Kentut Berbau Busuk?
Bau kentut tercipta karena kandungan hidrogen sulfida dan merkaptan. Kedua senyawa ini mengandung sulfur (belerang). Makin banyak kandungan sulfur dalam makanan anda, makin banyak sulfida dan merkaptan diproduksi oleh bakteri dalam perut, dan alhasil, makin busuklah bau kentut anda. Telur dan daging punya peran besar dalam memproduksi bau busuk dari kentut. Kacang-kacangan berperan dalam memproduksi volume kentut, bukan tingkat bau kentut.

Mengapa Kentut Menimbulkan Bunyi?
Karena adanya vibrasi lubang anus saat kentut diproduksi. Kerasnya bunyi tergantung pada kecepatan gas.

Mengapa Kentut yang Busuk itu Hangat dan Tidak Bersuara?
Salah 1 sumber kentut adalah bakteri. Fermentasi bakteri dan proses pencernaan memproduksi panas, hasil sampingnya adalah gas busuk. Ukuran gelembung gas lebih kecil, hangat dan jenuh dengan produk metabolisme bakteri yang berbau busuk. Ini kemudian menjadi kentut, walau volumenya kecil, tapi SBD (Silent But Deadly) atau (Tidak Bersuara Tapi Mematikan)

Berapa Banyak Kentut Diproduksi Dalam Sehari?
Rata-rata setengah liter sehari dalam 14 kali kentut

Mengapa Kentut Keluar Melaui Anus?
Walau densitasnya lebih ringan, kenapa gas kentut tidak melakukan perjalanan ke atas? Alias menuju mulut. Tidak demikian. Gerak paristaltik usus mendorong isinya ke arah bawah. Tekanan di sekitar anus lebih rendah. Gerak paristaltik usus menjadikan ruang menjadi bertekanan sehingga memaksa isi usus, termasuk gas, untuk bergerak ke kawasan yang bertekanan lebih rendah yaitu di sekitar anus. Dalam perjalanan ke arah anus, gelembung-gelembung kecil bergabung menjadi gelembung yang besar. Kalau tidak ada gerak paristaltik, gelembung gas akan menerobos ke atas lagi. Tapi tidak akan terlalu jauh karena bentuk usus yang rumit dan berbelit-belit.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar