Senin, 27 Februari 2012

Mengenal Kintamani, Ras Anjing Asli Indonesia

Assalamualaikum gan, apa kabar semua ? Semoga tetap dalam keadaan baik baik saja yah meskipun dalam keadaan berpuasa bagi anda yang muslim yang menjalankannya. Nah gan udah lama nih gak bicarain tentang Fauna asli Indonesia. Kali ini kita akan bahas dan dijamin agan-agan pasti gemes membahas lebih jauh dengan jenis hewan ini. Ya...kali ini kita bakal ngebahas tentang Anjing Kintamani yang merupakan ras anjing (dog breed) yang asli berasal dari Indonesia dan telah diakui oleh dunia Internasional sebagai salah satu anjing ras dunia sejak tahun 1994. Mari kita bahas lebih jauh.

Berasal Dari Wilayah Kintamani, Bali.
Anjing Kintamani berasal asli dari Desa Kintamani yang masuk secara administratif pada Kabupaten Singaraja Provinsi Bali. Kintamani merupakan wilayah dataran tinggi yang cukup sejuk. Sehingga bila diperhatikan anjing ini memiliki bulu yang lumayan lebat. Menyesuaikan dengan keadaan alam disekitarnya. Anjing ini dahulunya tidak pernah dikembangbiakan secara sengaja. Hanya terjadi perkawinan antar sesama Anjing Kintamani. Namun saat ini Anjing Kintamani mulai dikembangbiakkan, bahkan diluar Bali. Masyarakat Kintamani sebagian besar memelihara anjing ini terutama mereka yang bekerja sebagai petani yang digunakan untuk menjaga ladang, menjaga hasil panen yang sedang dijemur, dan sebagainya.

Anjing Pekerja
Kintamani merupakan anjing yang tangguh dan galak bukan main terhadap orang yang dianggap mencurigakan. Anjing yang termasuk jenis anjing pekerja ini pemberani terhadap siapa saja yang tidak dikenali masuk ke dalam wilayah kekuasaannya. Misalkan Anjing Kintamani yang sedang menjaga hasil panen yang sedang dijemur, maka kintamani tak segan akan mengejar dan menyerang hewan-hewan lain yang memiliki gelagat tidak baik. Namun meskipun begitu kintamani merupakan anjing yang setia, ramah dan patuh terhadap tuannya, orang yang merawat, dan juga yang memberinya makan. Kintamani sata ini tidak hanya dijadikan sebagai anjing penjaga saja, melainkan sebagai anjing peliharaan bagi mereka yang memang hobi oleh pencinta anjing.

Well, itulah dia gan Anjing Kintamani yang anggun. Bila agan tertarik untuk memelihara anjing ini anda tidak perlu jauh-jauh mesti ke Kintamani, Bali. Tapi saat ini sudah banyak Pet Shop yang jual Anjing Kintamani. Mulai dari anakan hingga yang dewasa. Yuk gan lestarikan anjing kintamani, ancamannya bukan karena takut spesies ini punah. Melainkan dikhawatirkan ras murni Kintamani hilang karena perkawinan silang dengan anjing jenis lain.


Wassalamualaikum....

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar