Minggu, 17 Juli 2011

Jordan Romero : Pendaki Muda Penakluk 7 Puncak Tertinggi Dunia

Namanya langsung terkenal setelah dia menaklukkan puncak gunung Everest. Yap, Jordan Romero berhasil menaklukkan gunung ini pas dia baru berumur 13 tahun. Dan dia adalah pendaki temuda di dunia yang pernah mendaki gunung itu loh!! Tapi gak hanya gunung Everest aja yang berhasil ditaklukannya. Awal kisah kita mulai di TKP!!

Jordan Romero
Jordan sudah mencapai puncak Gunung Kosciuszko yang mencapai ketinggian 2.228 meter di Austrlaia pada waktu umurnya 10 tahun. Nah, pada Desember 2010 lalu Jordan berhasil menanlukan salah 1 puncak tertinggi di benua Antartika yaitu Gunung Vinson Massif yang mempunyai ketinggian 4.892 meter. Dan pada saat berhasil menaklukan Gunung Vinson Massif tersebut, Jordan sudah menjadi pendaki gunung termudak yang sudah menaklukan 7 puncak dunia, keren lah!!!
Pada saat mendaki gunung Everest, tentu ia gak sendirian. Dia ditemani Ayahnya yaitu Paul Romero & Ibu tirinya yaitu Karen & pemandu yang bernama Apa Sherpa. Pada saat ia mendaki gunung Everest, ia gak ngotot pengen cepet sampai puncak loh, misalnya kalo ada cuaca buruk ia bersitirahat dahulu. Dan hebatnya, jika dia gagal mendaki sebuah gunung, ia pasti akan mencobanya lagi tahun depan dengan persiapan yang lebih matang. Keren!!

Gara-Gara Mural
Kalian mau tau kenapa Jordan punya keinginan menaklukan 7 Puncak tertinggi dunia?? Kita lanjutkan setelah yang 1 ini, jamaah ooohhh jamaah, alhamdulillah. Huss udah akh jangan becanda. Kita lanjutkan ke pembicaraan. Nah, ternyata ia mempunyai niat seperti itu karena melihat gambar mural 7 puncak dunia di sekolahnya. Tentu saja niat Jordan didukung keluarganya & ternyata Jordan memiliki hobi mendaki gunung & travelling. Dengan mendaki 7 puncak tertinggi dunia, dia juga berkampanye gaya hidup sehat buat anak-anak. Selain itu, Jordan juga menjadi anggota di yayasan kanker. Dia berharap, dengan proyek ini akan semakin banyak orang yang memberi perhatian ke yayasan itu.

Prestasi Jordan
Di usia yang masih sangat muda yaitu 13 tahun. Jordan yang berasal dari Big Bear, California ini sudah berhasil mencapai 7 puncak tertinggi dunia yaitu :
• Gunung Kilimanjaro di Afrika, ketinggian 5.895 meter (umur 10 tahun)
• Gunung Elbrus di Eropa, ketinggian 5.642 meter (umur 11 tahun)
• Gunung Aconcagua di Amerika Selatan, ketinggian 6.962 meter (umur 11 tahun)
• Gunung McKinley di Amerika Utara, ketinggian 6.194 meter (umur 11 tahun)
• Carstensz Pyramid, Pegunungan Jaya Wijaya (Masuk ke wilayah benua Oceania) ketinggian 4.884 meter (umur 13 tahun)
• Gunung Everest di Asia, ketinggian 8.848 meter (umur 13 tahun)
• Gunung Vinson Massif di Antartika, ketinggian 4.892 meter (umur 13 tahun)

Olahraga Extrim
Agar bisa jadi pendaki gunung yang handal, Jordan memang rajin olahraga untuk kebugaran tubuhnya & dia paling suka olahraga di luar ruangan atau olahraga outdoor.
Lari, sepeda gunung, kayak, downhill, BMX, surfing & panjat tebing menjadi olahraga favoritnya. Gak heran deh kalo hidupnya sehat banget!! Pantesan ia bisa jadi pendaki gunung hebat.

Tips Mendaki Gunung
Mendaki gunung emang gak mudah. Kita butuh persiapan fisik & mental agar bisa mendaki gunung. Rajin olahraga juga bisa membantu stamina kita. Yang penting, rencana harus matang & mengenali kemampuan kita sendiri. Kalau misalnya ngerasa gak kuat untuk melanjutkan perjalanan, jangan memaksakan diri karena akibatnya bisa fatal. Oiya, saat mendaki gunung kita jelas harus menjaga omongan kita & jangan merusak lingkungan.
Peralatan yang harus dibawa saat mendaki gunung adalah : Ransel, sepatu, kaos kaki, celana, sabuk, baju

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar