Rabu, 27 Juli 2011

Ayo Ketahui Tentang Tim Penjinak Bom!!

Sejak kasus terorisme melanda Indonesia, unit khusus Densus 88 & Gegana jadi ngetop di Indonesia. Dan yang namanya unit khusus ya semua perlengkapan & senjata mereka juga harus yang terbaik. Nah, sekarang kita akan mengetahui nama tim penjinak bom di negara lain, apa aja ya???

Indonesia
Brimbob atau Brigade Mobil membawahi Densus 88 & Gegana. Densus 88 bertugas sebagai Counter Terorist atau pasukan khusus anti teror. Sedangkan Gegana tugasnya lebih ribet, seperti menjinakkan bom, mengatasi kejahatan bersenjata, Search and Rescue atau SAR, Counter Terorist dll. Densus 88 & Gegana punya beberapa personil yang ahli dalam mengatasi bahan peledak termasuk bom. Kalau di Indonesia semua unit Densus 88 & Gegana adalah polisi, bukan tentara.

Amerika Serikat
Di Amerika terdapat puluhan unit respon khusus. Dan itu belum termasuk di negara bagian. Tim penjinak bom paling terkenal adalah SWAT (Special Weapons And Tactics). Tugas utama SWAT adalah menyelamatkan sandera & operasi Counter Terorist. Personel SWAT juga punya kemampuan menonaktifkan bom & mengurangi ancaman bom.

Australia
Unit khusus polisi Australia ini disebut Specialist Response and Security (SRS) yang berada di bawah naungan Australian Federal Police (AFP) atau Polisi Nasional Australia. Tugas utama SRS adalah Counter Terorist & menonaktifkan bom.

Jerman
Polisi di Jerman punya unit khusus yang bernama GSG 9 der Bundespolizei (singkatan dari Grenzschutzgruppe 9) atau Border Guard Group 9, tapi biasanya disebut GSG 9. Tugas utama GSG 9 sama dengan unit khusus polisi di negara lainnya yaitu Counter Terorist & mengnonaktifkan bom. Beberapa negara meniru unit khusus polisi Jerman ini, seperti Swiss & Ukraina.

Inggris
Di Inggris ada unit polisi khusus yang bernama Specialist Firearms Officer (SFO). Sedangkan untuk di kawasan kota London, disana ada Specialist Firearms Command atau yang lebih dikenal dengan sebutan SO19, CO19 & Blue Berets (Baret Biru). Unit ini berada di bawah naungan Metropolitan Police Service atau Polisi Kota London.

Hong Kong
Kalau kita sering nonton film action Hong Kong pasti kita pernah melihat polisi khusus Hong Kong yang bernama Police Tactical Unit (PTU). Orang Hong Kong menyebut unit ini dengan julukan "The Blue Hat Brigade"  karena dulu pasukan khusus ini memakai baret biru.

Italia
Polisi di Italia punya unit khusus yang dinamai Nucleo Operativo Centrale di Sicurezza (NOCS). Seperti unit khusus di Indonesia yaitu Densus 88, NOCS ini juga mendapat pelatihan di Amerika Serikat.

Perlengkapan
Pakaian Penjinak Bom



Robot Penjinak Bom



Helm Pengaman

Tugas & Fungsi
• Mempunyai kemampuan tinggi sebagai penjinak bom. Meski semua anggota unit khusus penjinak bom ini mempelajari cara menjinakkan bom.
• Mampu bernegosiasi
• Bisa mengoprasikan atau mengendarai kendaraan taktis EOD (Explosive Ordinance Disposal)
• Punya cara tersendiri untuk menangani setiap jenis bom.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar