Rabu, 20 April 2011

Steven Spielberg: Otak Kesuksesan Transformer

Bakat Spielberg memang dibidang film. Kapan ia membuat film untuk pertama kali? Boleh jadi, tanpa Spieberg kita gak akan bisa nonton film Transformer di bioskop. Sutradara inilah yang berjasa mengangkat kisah Transformer menjadi terkenal di seluruh planet.
Steven Spielberg boleh dibilang raja nya film. Lewat tangannya, film yang dibuat Spielberg selalu masuk Box Office, kalo nggak juga paling jadi perbincangan utama banyak orang, mau tau kaya apa sih sosok produser, sutradara & pemilik DreamWorks Picture ini? Yuk kita ungkap bareng-bareng gan! 
Masa Kecil
Ia lahir di Ohio, Amerika pada 18 Desember 1946, Spielberg adalah anak dari pasangan Arnold Spielberg, yaitu seorang teknisi komputer & Leah Adler, pemilik restoran & juga pemain piano. Masa kecil Spielberg dihabiskan di Arizona & New Jersey. Bakat Spielberg ternyata sudah terlihat sejak kecil. Waktu masih remaja, ia pernah bikin film amatiran bersama temannya. Untuk menonton film amatirannya itu, ia menjual tiket seharga 25sen pada teman-temannya. Sementara itu, saudara perempuannya menjual popcorn. Wah, kecil-kecil sudah bisnis film nih!
Gak cuman sampai disitu. Pada tahun 1958, ia mendapatkan tanda 'pangkat' fotografi pada kegiatan pramuka nya setelah mengerjakkan tugas membuat film amatir dengan durasi 9 menit yang berjudul The Last Gunfight. Pokok nya ia seperti tergila-gila pada dunia film. Bahkan, pada usia 16 tahun, ia sudah menciptakan film independen pertama nya yang berjudul Firelight. Film yang berdurasi 140 menit ini memakan biaya $500 (Rp. 5juta,-) & diputar di bioskop setempat.
Keseriusan Spielberg pada dunia film membuat dibuktikan dengan pilihannya untuk masuk ke sekolah film. Setelah pindah ke California & tinggal dengan Ayah nya, ia masuk ke jurusan teater, film & televisi di University of Southen California. Ia bahkan sempat magang di Universal Studio tanpa bayaran, setiap hari dalam seminggu ia masuk ke Departement Editing. Rupanya, sejak masih kuliah ia suka kerja dengan sukarela alias freelance. Bahkan sampai bela-belain keluar dari kuliah nya untuk mendapatkan kerja sebagai sutradara.

Karir
Tapi pekerjaan tetap Spielberg dimulai saat tahun 1969 ia diterima di sebuah studio TV untuk menggarap salah 1 segmen dari serial TV tersebut. Kemudian bersama Universal Studios, ia juga menerima proyek sebuah serial yang lebih panjang lagi, berjudul The Name of The Game. Sejak saat itu, kerjasama nya dengan Universal Studio semakin lancar. Spielberg menerima pekerjaan untuk membuat 4 film TV yang salah 1 nya berjudul Duel yang dibuat pada tahun 1971.
Tapi film bioskop pertama yangg dibuat Spielberg adalah The Sugarland Express yang dibuat tahun 1974. Tapi sayang film itu gagal di pasaran. Namun, banyak yang percaya dengan kemampuan Spielberg dalam menyutradarai film, diantaranya Richard Zanuck & Davin Brown. Kedua produser itu meminta sutradara berkacamata itu untuk membuat film Jaws yang berkisah tentang hiu pembunuh. Hasilnya? Cukup mencengangkan. Bukan cuma film ini masuk Box Office dengan pendapatan sebanyak Rp. 4 trilyun,- di seluruh dunia, tapi film ini juga meraih penghargaan Academy Award pada tahun 1975.
Keberhasilan itu membuat ia menjadi orang Amerika termuda yang sangat kaya raya. Ia jadi terkenal & banyak dicari orang. Ia juga berani menolak ttawaran menjadi sutradara Jaws 2, KingKong & Superman. Demi mengerjakan film lain yang menurutnnya lebih mmenantang. Ia bukan cuma mendulang uang, tapi juga berbagai penghargaan dari film yang ia sutradarai. Ahkir-akhir ini ia bukan hanya menyutradarai, tapi juga manjadi produser. Pada tahun 1994, ia bahkan sangat bertekad membangun Studio Film DreamWork bersama keluarganya

Film Fenomenal
Banyak film sukses yang lahir dari tangan Spielberg. Selain Jaws, film yang berkisah tentang seorang anak laki-laki yang bersahabat dengan alien yang berjudul E.T The Extra-Terrestrial yang dibuat tahun 1982 juga sangat ngetop. Juga film Indiana Jones & The Temple Doom yang dibuat tahun 1984 & juga film Back to the Future yang dibuat tahun 1985 juga gak kalah heboh. Film Jurassic Park yang mengangkat tema dinosaurus juga cukup menggegerkan & yang terbaru tentu saja Transformer & Transformer: Revenge of The Fallen.
Spielberg memutuskan menjadi produser film eksekutif Transformer pada tahun 2004, setelah diperkenalkan oleh produser Dan Murphy & Carol Monroe dari Hasbro. Spielberg yang dasar nya hobi sama robot itu kemudian memutuskan memilih Michael Bay sebagai sutradaranya, karena ia percaya Michael Bay bisa mengabulkan keinginannya dalam menggarap film yang diadaptasi dari mainan & serial animasinya tersebut.
Pada awalnya Michael Bay menolak karena ia merasa gak cocok membuat film yang diadaptasi dari robot mainan. Namun setelah Spielberg meyakinkan + melihat-lihat lebih detil lagi tentang robot itu lewat Transformer School, Michael Bay merubah pikiran. Ia bahkan berusaha membuktikan pada Spielberg bahwa film Transformer ini bisa laku di pasaran. Keduanya memang sangat cocok, apalagi saat film keduanya Transformer: Revenge of The Fallen. Michael Bay bahkan mengundang Spielberg secara khusus untuk menontonnya lebih dulu di bioskop sebelum dirilis ke seluruh penjuru planet ini. Kesuksesan itu bukan cuma dari tangan dingin Michael Bay, tapi juga otak cerdas Spielberg yang terus memberi ide untuk film tersebut. Dahsyat!

Data Spielberg
Nama lengkap : Steven Allen Spielberg
Tempat/Tanggal lahir : Ohio, Amerika Serikat/18 Desember 1946
Profesi : Produser, Sutradara & Penulis
Hobi : Fotografi & Film
Alamat : Hollywood, Amerika Serikat

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar