Selasa, 05 April 2011

Siapakah Santa Claus itu??

Santa Clause datang, anak-anak pun senang, siapa sih sebenarnya Santa Clause itu?
Apa sih yang ditunggu saat Natal?? Kalau dulu, menurut dongeng, figur Santa Clause adalah sosok yang paling ditunggu saat Natal, karena pria berjanggut dengan kostum merah yang khas menguntungkan anak-anak yang berdiam diri di rumah menanti kehadirannya. Santa Clause, bersama para pengawal setianya yaitu Piet Hitam akan membagikan hadiah menarik untuk anak-anak. Lantas, kenapa Santa Clause mau membagikan hadiah?
Banyak kisah tentang sosok Santa Clause, salah 1 nya yang bercerita bahwa sosok Santa Clause sesungguhnya adalah Nicholas, yang berasal dari kota Myra. Nah, Nicholas ini merupakan anak dari keluarga yang sangat kaya raya, tapi sayangnya ia ditinggal orang tuanya saat masih kecil karena ortu nya terserang wabah penyakit, jadilah Nicholas kecil yatim piatu, ia pun mewarisi kekayaan ortu nya.
Baik hati sejak kecil
Warisan kekayaan ortu nya yang melimpah, dimanfaat kan dengan baik oeh Nicholas untuk membantu orang yang sedang kesusahan, sifat baik hati ini rupanya sudah terihat sejak kecil, apalagi sejak ia menjadi Uskup, sering banget Nicholas menolong orang miskin, juga anak-anak yang menderita. Tentu dengan penampilan nya yang khas, menggunakan jubah berwarna merah, berjanggut & bertopi.
 Sosok Nicholas lalu melegenda & menjadi kisah dongeng di berbagai negara terutama di daratan Eropa. Rata-rata mereka menggambarkan kalau Nicholas adalah sosok Uskup yang berjanggut putih, dengan pakaian yang khas, sambil menaiki kereta yang ditarik kuda yang bisa terbang, ia lalu menghampiri atap atau cerobong asap untuk memberi hadiah Natal pada anak-anak yang baik.Mendengar kisah seperti itu, anak-anak sangat menanti kedatangan Nicholas setiap tanggal 25 Desember, mereka berharap Santa Clause akan memberi mereka hadiah untuk mereka di bawah Pohon Natal, yang bisa berharap tentu anak-anak yang baik. Sebalik nya, anak anak yang nakal biasanya ketakutan oleh Piet Hitam yang akan memasukan & membawa mereka ke dalam karung.
Legenda Santa Clause memang berbeda di setiap negara, makanya gak usah heran jika ia juga memiliki banyak nama, diantaranya Santo Nick, Bapak Natal, Kris Kringle, Sinterklas dll. Namun kalo diperhatikan, semuanya punya tujuan baik, agar anak-anak bisa berbuat baik. Imbalannya, menjelang perayaan Natal mereka akan diberi hadiah, yang sebenarnya diberi oleh orang tua mereka sendiri.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar