Kamis, 07 April 2011

7 Komponis Terhebat di Dunia

1. Wolfgang Amadeus Mozart
Komponis terhebat dunia yang tetap hidup miskin adalah Wolfgang Amadeus Mozart. Lahir di Salzburg, Austria tahun 1756, sejak usia 5 tahun Mozart kecil sudah ikut tour musik bersama Ayah nya ke Istana-istana di Eropa. Karya musik nya orisinil, walaupun ia berkawan dekat dengan Hydn. Mozart mulai mengubah opera pada usia 12 tahun.
Karyanya yang lain berupa simphoni, sonata & orkes, salah 1 simphoni terbesar nya adalah "Symphony of a Thousand" dimainkan tidak kurang 750 pemain, karya terkenal lainnya seperti "Figaro" & masih banyak lagi simphoni yang terpesona, karya terakhirnya yang diciptakan nya sebelum meninggal adalah "Misa Requim". Peristiwa yang sangat mengharukan terjadi saat sahabat nya mendapati sang maestro berdansa dengan istrinya hanya sekedar menghangat kan badan, karena tidak mampu menyalakan perapian, ia meningga dunia pada tahun 1791.


2. Johan Sebastian Bach
Nama lengkapnya Johan Sebastian Bach, ia lahir tahun 1685 dari sebuah keluarga musikus di Jerman, ia komponis paling terkenal sepanjang zaman. Bermula dari pemain organ di gereja, yang berhasil mengubah Prelude (bagian pembukaan) organ & fugues (bagian yang diubah agar menjadi kontras). Kemudian ia dikukuhkan menjadi musikus di Istana Cothen.
Sebagai pemain organ di Leipzig, ia mengubah musik gereja, diantaranya St. Matthew & St. John Passions & "Mass in B Minor". ke 3 anak nya juga mengikuti jejak nya sebagai musikus terkenal. Mereka adalah Wilhelm Friedmann, Carl Philip Emmanuel & Johan Christian


3. Franz Joseph Haydn
Joseph Haydn lahir di Wina, Austria tahun 1732 dari keluarga yang kurang mampu. Berawal dari kesenangan nya pada musik sejak kecil, lalu menjadi anggota sebuah paduan suara gereja di Wina.
Ketika remaja ia ikut bermain di Band keliling, mengajar musik & mengubah lagu, ia juga berhasil mengubah lagu kebangsaan untuk negaranya sendiri. Ia diangkat menjadi pemimpin musik orkes pada keluarga kaya raya Esterhazy pada tahun 1761, dari sinilah makin banyak karya yang mengalir deras, lebih dari 100 simphoni & opera ia cipkatan. Diantaranya "Penciptaan" & "Musim-Musim", pada masa sesudah nya karya Haydn banyak ditiru & sumber inspirasi bagi para komponis dunia lainnya.

4. George Frederick Handel
George Frederick Handel lahir di Jerman tahun 1685, kemudian ia menetap di Inggris pada tahun 1771, sebagai komponis opera terkenal dengan oratorio (gubahan lagu untuk nyanyian & orkes) biasa nya bersifat keagamaan.
Karya terkenal nya adalah "Israel di Mesir" "Samson" & "Judas Maccabeus". karya nya perpaduan antara gaya Jerman, Italia & Inggris. Saat itu Raja George I berkuasa, Handel tidak disukai karena meninggal kan Jerman, tapi kemudia ia diampuni setelah berhasil mengubah "Musik Air" yang termashur itu untuk pesta air kerajaan di atas Sungai Thames, London.


5. Ludwig van Beethoven

Ludwig van Beethoven lahir di Bonn, Jerman pada tahun 1770, pada usia yang masih sangat muda ia sudah menjadi musikus handal, saat usia nya 20 tahun ia pindah ke Wina, ia mula nya belajar pada Haydn, lahir lah karya-karya Simphony, sonata & nyanyian, sampai akhirnya ia mengalami tuli, hingga tak dapat memainkan piano saat konser.
Karyya terbaik nya menurut banyak orang adalah Simphony ke 9 sebagai gubahan terbaik, ketika ia mengubah sebuah opera "Fidellio" ia benar-benar mengalami tuli total, namun ia tetap mengubah & memimpin konser walau 1 not pun tak dapat ia dengar, ia meninggal pada tahun 1827.


6. Franz Schubert

Schubert adalah anak seorang guru, ia lahir di Austria tahun 1797, ia mulai mengubah lagu pada usia 13 tahun. Ia juga pernah mencoba mengajar sekolah Ayah nya, tetapi tidak lama karena ia tidak menyukai bidang itu. Kemudian beralih ke musik, yang pada akhir nya ia memperoleh penghasilan yang lumayan dari musik walau pun belum bisa mengangkat kehidupan nya yang miskin.
Schubert menciptakan lagu "Earl King" yang sangat terkenal, lagu itu menceritakan perjuangan seorang Ayah yang memeluk anak lelakinya sambil menuggang kuda dalam usaha nya yang sia-sia menyelamatkan anak nya dari maut. Karya Schubert yang lain berupa Simphony, tapi lebih banyak berupa lagu yang dinyanyikan dengan piano. Ia meninggal pada usia yang masih muda yaitu 31 tahun.


7. Frederic Francois Chopin

Ia lahir di Warsawa, Polandia tahun 1810, karya Chopin kebanyakan untuk piano & itu membuktikan dirinya sebagai pianis hebat, karya musik nya yang ceria seperti Mazurka, Walsa & Polonaise, jenis musik ini cocok untuk dansa.
Sangat berbeda dengan karakter pribadi nya yang pemurung, ia sangat mencintai Negara nya Polandia, tapi saat usia 21 tahun ia menetap di Paris sampai ia meninggal tahun 1849. Karya Chopin sangat berbeda dengan karya para komponis lain pada zaman nya.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar