Senin, 29 Oktober 2012

5 Novel yang Terinspirasi dari Mimpi

Semua orang pasti pernah bermimpi di saat dia tidur. Namun, ada kalanya individu yang kreatif memiliki mimpi hidup yang mengilhami mereka untuk menempatkan pena di atas kertas dan membuat karya besar sastra. Berikut adalah lima novel terkenal yang terinspirasi saat mereka sedang tertidur :

1. Twilight (Stephenie Meyer)
Siapa yang tidak tau Twilight? Sebuah karya fenomenal 4 babak yang sekarang filmnya sedang ramai di perbincangkan orang, tapi taukah anda, karya besar itu teriinspirasi dari sebuah mimpi?

Pada bulan Juni 2003, di pinggiran kota Arizona, Stephenie Meyer terbangun dari mimpi yang intens menderanya. Dia bermimpi bahwa ada dua kekasih muda berbaring bersama di padang rumput, mendiskusikan mengapa cinta mereka tidak bisa menyatu. Meyers mengatakan, "sang gadis hanya gadis biasa. Sedangkan sang pria adalah orang yang menawan bak pangeran tampan dan berkharisma penuh cinta tapi dia seorang vampir. Mereka sedang mendiskusikan kesulitan yang melekat pada fakta bahwa :
1. Mereka jatuh cinta satu sama lain
2. Namun di lain pihak sang pria vampir itu sangat tertarik pada aroma darahnya, dan terkadang sulit menahan diri untuk membunuh gadis itu segera."

Mimpi ini ternyata menjadi konsep dari apa yang akan menjadi salah satu seri yang paling populer dalam fiksi remaja dewasa sepanjang masa. Sampai saat ini, novel Meyer telah menjual 17 juta kopi di seluruh dunia, menghabiskan lebih dari 91 minggu dalam daftar best seller majalah Times, New York , dan telah melahirkan empat novel berikutnya dan empat besar anggaran film-film Hollywood. Dan sekarang filmnya telah di masuk dalam jajaran film yang paling laris di tonton di dunia

2. Misery (Stephen King)
Stephen King adalah salah satu penulis paling produktif dan populer di zaman nya, sehingga mungkin anda akan terkejut jika mengetahui bahwa dengan konsep plot dan gambar grafis di beberapa novelnya, King menulis sementara dia sedang tertidur lelap. Dalam proses terciptanya Misery, King menceritakan , dia tertidur di pesawat terbang dan bermimpi tentang penggemar yang menculik penulis favoritnya dan menahan dan menjadikannya sandera. Ketika ia terbangun, King begitu ingin menulis kisah mimpinya, lalu dia antara sadar dan tidak, dia duduk di bandara dan dengan panik menulis 40-50 halaman pertama dari novel. Misery menjadi best-seller yang mengilhami film yang sukses dan memperoleh Kathy Bates, yang bermain gila penggemar Annie Wilkes, seorang Aktris Terbaik Academy Award dan Golden Globe.

Dalam sebuah kutipan, King mengatakan, "Aku selalu menggunakan mimpi seperti cara Anda akan menggunakan cermin untuk melihat sesuatu yang tidak bisa anda lihat, misalnya untuk melihat rambut anda di belakang yang tentunya harus menggunakan cermin."
King menjadikan mimpinya sebagai konsep untuk beberapa novelnya dan untuk membantu dia untuk mengatasi saat-saat sulit dalam penulisan novelnya .

3. Frankenstein (Mary Shelley)
Pada 1816, Mary Shelley , berumur delapan belas tahun saat ia menghabiskan musim panas dengan kekasihnya Percy Shelley, di Real Lord Byron, Swiss. Suatu malam, saat mereka duduk di sekitar api, percakapan beralih ke topik menghidupkan kembali tubuh manusia menggunakan arus listrik. Shelley pergi tidur malam itu dengan gambar mayat hidup kembali berputar-putar di kepalanya, saat dia mulai tertidur, dia jelas melihat rakasa Frankenstein dan membayangkan keadaan di mana ia telah ciptakan.

Shelley terbangun dan segera mulai menulis cerita pendek tentang mimpinya. Belakangan tahun itu suaminya, yang juga seorang penulis, mendorongnya untuk memperluas ceritanya menjadi novel panjang. Ia menuruti, dan pada akhirnya karya besar sastra diterbitkan ketika Shelley hanya berumur sembilan belas tahun. Kebetulan, Lord Byron pun juga terinspirasi oleh percakapan mereka di dekat api unggun malam itu, dan kerja yang dihasilkan nya, "Vampire" , dianggap sebagai pendahulu dari semua cerita cinta romantis antara manusia dan vampire dalam karya satra fiktif.

4. Dr. Jekyll dan Mr. Hyde (Robert Louis Stevenson)
Penulis Skotlandia, Robert Louis Stevenson sudah menjadi penulis sukses ketika ia bermimpi tentang seorang dokter dengan gangguan kepribadian ganda dan terbangun dalam keadaan penuh inspirasi dan naluri menulis yang menggebu gebu. Seakan tak mau ingatan akan mimpinya mulai hilang Stevenson segera mendokumentasikan adegan dari mimpinya dan kemudian melanjutkan untuk menulis draft pertama dari novelnya dalam waktu kurang dari tiga hari. Seperti kebiasaannya, ia mengizinkan istrinya untuk meninjau draft dan atas saran istrinya, maka draft itu diedit dan menulis ulang bagian dari pekerjaan (diduga dipicu oleh jumlah berlebihan kokain). Ia menyelesaikan seluruh naskah dalam sepuluh hari yang mencengangkan, dari saat ia terbangun dari mimpinya.

Kisah Kasus Aneh dari Dr Jekyll dan Mr Hyde telah bertahan dari jaman ke jaman dunia penulisan, dan mengumpulkan puluhan adaptasi karya panggung dan layar sampai hari ini.

5. Jonathan Livingston Seagull (Richard Bach)
Pada tahun 1959, penulis Richard Bach, mendengar apa yang ia sebut "suara tanpa tubuh" membisikkan judul novel ini ke dalam telinganya. Dia segera menulis beberapa bab pertama dari pekerjaan sebelum sampai akhirnya dia kehabisan inspirasi dan berhenti menulis. Delapan tahun kemudian, setelah ia bermimpi tentang burung camar sekarang terkenal dengan nama tituler dan menginpirasinya, akhirnya ia mampu menyelesaikan novel yang paling mendalam dalam segi filosofis yang pernah di buat.

Sekarang buku-bukunya menjadi best seller dan melebihi rekor penjualan hardcover yang ditetapkan oleh Gone With The Wind. Meskipun karya dan cara penulisan tampak memiliki hubungan yang kuat dengan fenomena psikis, Bach berpendapat bahwa tulisan yang baik adalah lebih tergantung pada kerja keras dari pada apa pun metafisik. Dalam sebuah kutipan Bach mengatakan, "Anda tidak pernah diberi mimpi tanpa juga diberikan kekuasaan untuk membuatnya benar. Anda mungkin harus bekerja untuk itu, namun, kau memiliki sesuatu, yaitu mimpi yang besar! Anda tidak pernah tahu dari mana dan kapan anda mendapatkan inspirasi berikutnya."

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar