Rabu, 26 September 2012

Lima Calon Kandidat Pengganti Massimiliano Allegri

Seandainya Allegri dipecat, mungkin saja satu dari lima figur berikut ini bakal diangkat untuk mengambil alih tongkat kepelatihan Milan.

Adriano Galliani memang telah menegaskan bahwa posisi allenatore AC Milan Massimiliano Allegri masih aman kendati AC Milan sudah tiga kali takluk dalam empat giornata awal Serie A musim ini.

Setelah kalah di San Siro dari Sampdoria pada pekan pertama serta Atalanta di minggu ketiga, pada laga terakhir, Minggu (23 Sept. 2012) lalu, Il Diavolo Rosso ditumbangkan tuan rumah Udinese 2-1.

"Posisi Allegri tak perlu diperdebatkan. Kami akan melaju dengan pelatih ini, karena dia memiliki keyakinan total dari saya dan presiden [Silvio Berlusconi]." begitu ujar Galliani, wapres dan CEO Milan, usai partai di Friuli.

Meski demikian, rasanya tak ada garansi 100 persen "keyakinan total" tersebut tak akan luntur bila Allegri tak jua membawa tim bangkit dan meraih hasil positif secara konsisten.

Seandainya arsitek tim berusia 45 tahun itu pada akhirnya di-PHK, mungkin saja 1 dari 5 figur berikut ini bakal diangkat untuk mengambil alih tongkat kepelatihan Rossoneri. Siapa saja mereka? Ini dia :

Filippo Inzaghi
Kabar keributan dengan Filippo Inzaghi, eks striker Milan yang kini melatih skuad Allievi Nazionali (U-17), medio pekan lalu membuat tekanan di pundak Massimiliano Allegri kian bertambah besar.

Kendati keduanya mengaku sekarang sudah berbaikan, pemberitaan seputar kemungkinan Super-Pippo berada di jajaran terdepan untuk naik pangkat dan menggantikan posisi Allegri belum mereda.

Para loyalis Rossoneri sendiri sepertinya bakal sangat setuju jika figur populer di San Siro yang menyumbang total 126 gol bagi klub semasa bermain itu diangkat membesut tim senior. Apalagi debutnya sebagai arsitek Allievi Nazionali berjalan sempurna dengan kemenangan telak 5-1 atas Bologna.

Rafael Benitez
Menganggur sejak "ditendang" FC Internazionale Milano pada Desember 2010, tak lama usai mengantar Il Biscione menjuarai Piala Dunia Antarklub, beberapa waktu lalu Benitez lewat agennya mengaku siap mempertimbangkan tawaran menangani Milan, notabene rival sekota Inter, bila mereka serius menginginkannya.

Pria Spanyol ini memang sempat menolak pinangan Sampdoria musim panas lalu, tetapi sekarang ia diyakini sudah tak sabar ingin kembali memberikan arahan dari pinggir lapangan.

Selain Supercoppa Italiana dan PD Antarklub di Inter, riwayat kepelatihan Benitez di antaranya diwarnai pula dengan raihan dua titel La Liga plus satu Piala UEFA bersama Valencia dan satu trofi Liga Champions bareng Liverpool. Ia juga berperan penting memperbaiki struktur akademi The Reds yang kini telah melahirkan bintang-bintang berprospek seperti Raheem Sterling, Andre Wisdom, dan Suso.

Luciano Spalletti
Angkat nama dengan Udinese dan AS Roma di Serie A, Spalletti lantas melanjutkan karier kepelatihannya di Rusia bersama Zenit St. Petersburg sejak Desember 2009 dan sejauh ini telah sukses mengarsiteki langkah tim merengkuh dua gelar Liga Primer Rusia, satu Piala Rusia, dan satu Piala Super Rusia.

Beberapa waktu lalu pria 53 tahun ini mengungkapkan ia sempat dikontak Adriano Galliani sebelum Milan memutuskan menunjuk Allegri. Dengan krisis hasil yang menimpa Rossoneri akhir-akhir ini, bisa jadi mereka akan berpaling lagi ke Spalletti.

Kebetulan Milan dan Zenit, yang sama-sama tergabung di Grup C Liga Champions musim ini, akan bertempur pada matchday 2 tengah pekan depan. Bukan mustahil, laga tersebut akan menjadi semacam audisi bagi Spalletti untuk membuktikan kelayakannya membesut Il Diavolo Rosso.

Mauro Tassotti
Hijrah dari Lazio ketika masih bermain pada 1980, Tassotti kini telah mengabdi di Milan selama 32 tahun, dengan 11 tahun terakhir dihabiskannya sebagai asisten pelatih. Tak sedikit yang berpikir bahwa eks bek kanan ini bakal naik pangkat menjadi arsitek utama menyusul kepergian Carlo Ancelotti pada 2009, tapi Il Diavoli ternyata lebih memilih Leonardo.

Setahun berselang, Tassotti lagi-lagi harus puas bertahan sebagai asisten karena manajemen klub memutuskan menggaet Allegri. Belakangan kembali berembus spekulasi yang menyatakan inilah waktu yang tepat bagi Tassotti untuk menangani Milan sebagai pelatih kepala kalau Allegri dipecat.

Pep Guardiola
Sempat santer dikabarkan menjadi bidikan Inter ketika periode kepelatihannya di Barcelona berakhir, Guardiola kini ganti dihubung-hubungkan dengan Milan.

Kans Rossoneri untuk meminang mantan gelandang The Catalans dan timnas Spanyol ini memang tipis karena ia telah menegaskan bakal beristirahat dulu selama semusim setelah mundur dari kursi entrenador di Camp Nou.

Kendati begitu, dengan nama besar dan sejarah yang mereka miliki, bukan berarti Milan, jika serius menginginkan Pep menukangi tim, tak punya kans sama sekali untuk membujuknya kembali lebih cepat dari masa rehat.

Sumber : Fokus : Lima Kandidat Pengganti Masimilliano Allegri

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar