Kamis, 08 September 2011

Pengen Jadi Juara Kelas tapi Otak Pas-pasan?

Fawwaz tak habis pikir, kenapa Ghazi (hahah kalem zi) yang bengalnya minta ampun (wakakakakakak konyol), nilai ulangannya selalu tinggi di kelas. Padahal anak sekelas juga dah pada tau kalo dia sering telat, tukang tidur di kelas (sakalian weh mawa kasur), tukang berantem (kan mantan preman Saritem :D) & tukang bolos!! Tapi emang sih, kalo dia lagi bageur bageur na lah lamun basa Sunda na mah, terlihat otak na si Ghazi teh encer kitu lah siga susu. Dia sering ngejawab paling cepet kalo ada Kuis sahurnya OVJ (eh udahan ya??) maksudnya kuis Matematika di papan tulis. Rumus fisika & kimia pun ia hapal di luar kepala, Waw, hebat, hah??
Nah, kamu yang merasa otaknya kurang encer bukan berarti gak bisa jadi juara kelas. Asal kamu mau, banyak jalan menuju juara kelas (akh naek kapal geh jadi) :

1. Yang penting mah bukan nyontek!!
Tak ada alasan apapun yang membenarkan kegiatan menyontek. Percuma ath kalo jadi juara kelas kalo hasil ujian nya nyontek atau bahasa gahol na mah (alah) nilai kotor. Kebanggaan semu, malah bikin dosa. Karena nyontek = mencuri pikiran orang lain, bener toh?? Walau ada juga teman yang rela membagikan jawaban nya kepada temannya, tapi itu sama aja = curang.
Dan itu belum termasuk PPN 10% resiko bisa ketauan. Alih-alih juara kelas, malah dapat THR Lebaran denda. Kalian masih harus sujud syukur kalo nggak dikeluarin dari sekolah. Jangan dah, jaman sekarang usum keneh niron?? Akh era ku tetangga

2. Buang Sifat Malasmu
Kalo mau pinter jangan juga langsung belu vitamin penambah IQ (lah emang ada??). Jaman B.J. Habibie kecil, memangnya udah ada vitamin penambah IQ ?? (Lha wong jaman sekarang aja belom ada apalagi pas jaman jebot sono). Yang paling utama mah niat aja kalo kamu bisa jadi juara kelas & sekarang adalah saatnya membuang sifat malasmu. Caranya? Ketik REG spasi PINTER kirim ke 9288 Mulailah dengan tidak menunda pekerjaan, kan ada pepatah gini "Kalo bisa dikerjakan sekarang, kenapa harus ditunda-tunda?" nah itu dia pepatah nya. Makanya, selesaikanlah PR segera, walau PR nya susah nya minta ampyun, tapi biasakan diri untuk disiplin, kalo gak bisa kamu bisa minta bantu ke ortu. Ingat!! Kecerdasan bisa diraih dengan 2 cara. Pertama, kamu emang terlahir pinter, jadi gak ada anak yang terlahir bodoh, mereka cuman males. Dan ke 2, kamu harus tekun belajar.

3. Atur Waktu
Ada baiknya kamu membuat jadwal Pertandingan Persib kegiatan setiap hari. Belajar terus-menerus juga tidak baik untuk kesehatan. Jangan gara-gara belajar, kehebatan kamu main bola atau basket jadi berkurang. Buatlah seimbang, susun jadwal kegiatan mu agar semua bisa dikerjakan. Tapi ingat, porsi Nasi uduk belajar harus nambah terutama saat mau ujian.
Jika kamu privat atau les tambahan, aturlah agar tdak terlalu menumpuk & mepet 1 sama lain, ceuk bahasa Sunda na mah pabeulit siga layangan nyangsang wae. Otak juga perlu tidur.

4. Jaga Kesehatan
Jangan mentang-mentang masih muda, kamu gak peduli sama kesehatan. Belajar itu butuh energi bray. Energi cuman bisa maksimal kalo tubuh kita sehat. Tubuh yang gak sehat bisa membuat karyawan di otak kita terganggu. Paling utama memperhatikan pola kamu, makanlah yang teratur & makanlah makanan bergizi. Jangan sampai kamu kekurangan makanan atau sebaliknya (makanan kekurangan??) eeh maksudnya kelebihan makanan. Eits eits, buat yang doyan makan nih, kebiasaan kita jajan sembarangan bisa membuat kita sakit.
Jurus lainnya yaitu Mangekyou Sharingan kita harus sering olahraga. Remaja seusia kita emang punya aktifitas yang banyak. Tapi sayang ya kita juga punya sifat malas yang besar. Pernah denger Hukum Momentum?? Menurut buku Tatang Sutarma, Hukum Momentum itu adalah "Sekali benda bergerak dia akan cenderung untuk bergerak". Begitu juga sebaliknya. Jika kamu cuman bisa diam di rumah tanpa aktifitas apa-apa (bahasa Sunda na mah ngabangke di imah sareng eweuh gawe nanaon), bila begitu terus kamu akan menjadi orang yang pemalas. Tapi jika kamu aktif (coz urang), maka kamu akan menjadi anak yang tak bisa diam. Aturlah waktu istirahat mu agar tidak cape. Orang yang ujug-ujug sakit, bisa jadi karena beban energi nya sudah Operlod Overload

5. Kenali Bakatmu
Tiap orang pasti dilahirkan dengan minat & bakat yang berbeda-beda. Tapi ini jangan dijadikan alasan untuk membatasi dirimu. Mentang-mentang kamu tidak tertarik hitungan, kamu jadi gak mau belajar Math atau fisika. Coba telusuri dulu akarnya. Menurut buku Tatang Sutarma, murid yang tidak tertarik pelajaran Math atau fisika penyebabnya ada banyaj pisun, misalnya gurunya ngebosenin atau karena kurang nya perlengkapan pelajaran.
Coba untuk tidak buru-buru membenci 1 mata pelajaran pun. Kalau Indonesia kamu udah merasa tertinggal jauh, tak apa lah kamu belajar lagi dengan penuh kesabaran. Begitu pula jika kamu tertarik dengan suatu pelajaran misalnya IPS. Melesatlah secepat Ferarri yang kamu bisa. Jadikanlah itu kelebihanmu!!

6. Belajar Dengan Pacar Teman
Kita kadang menganggap remeh kalo kita sedang kerja kelompok. Tapi kerja kelompok itu ibarat game, lebih seru jika dimainkan dengan teman, kan ada pepatah yang berbunyi "Bercelana ketat dahulu, teman bantu lepas kemudian". Percayalah, saat belajar kelompok pasti ada hal baru yang bisa didapat. Pelajaran pun terasa lebih gampang. Jadi jangan malu jika kamu tidak pakai celana merasa tertinggal di depan temanmu. Pasti dengan senang hati mereka akan membantumu. Satu yang harus kalian kerjakan jauhi!! Jangan merubah acara kerja kelompok menjadi acara gosip!! Apalagi sampai ngadain arisan.

7. Do'a
"Doa tak akan dapat dicapai dengan berusaha" itulah kata yang saya dapat dari buku Tatang Sutarma yang berjudul "Ketika Cicak Bersaksi". Jika kamu telah berusaha, serahkan lah hasilnya di tangan Allah SWT. Berdoalah agar kamu mendapat nilai yang terbaik. Tak ada keberhasilan secara instan seperti bikin Pop Mie. Semuanya itu butuh waktu & usaha tanpa putus asa. Berdoa juga bisa menenangkan hati loh.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar