Selasa, 02 Agustus 2011

13 Fakta tentang Rihanna

Rihanna adalah penyanyi cewek yang saat ini sedang melejit karirnya. Bahkan Ryan Tedder dari One Republic menyebut Rihanna sebagai The Next Britney Spears. Ayo kenalan lebih jauh dengan perempuan dengan nama lengkap Robyn Rihanna Fenty ini yuk!! Seberapa hebat sih dia??

• Rihanna ternyata berasal dari Barbados. Ayahnya penduduk asli Barbados sedangkan Ibunya setengah Guyana. Sebelum jadi artis, cewek ini menghabiskan masa kecilnya dengan bermain di pantai setiap hari bersama saudaranya yaitu Rajad & Rorrey
• Rihanna bersekolah di Charles F. Broome Memorial School & Combermere School. Di Combermere, dia terpilih menjadi Ratu Kecantikan untuk Sekolahnya. Dia pun diberi gelar Miss Combermere 2004.
• Rihanna suka menyanyi sejak dulu. Dia sering mengikuti kontes nyanyi di sekolahnya. Idola Rihanna adalah Whitney Houston, Mariah Carey & Beyonce. Dia pengen banget karirnya sesukses mereka.
• Saat umurnya 15 tahun, temannya mengenalkan Rihanna pada seorang produser musik bernama Evan Rogers. Kebetulan saat itu Evan sedang berlibur di Barbados. Evan Rogers & temannya yaitu Carl Stuken menolong Rihanna dengan cara merekam demo di Amerika Serikat. Kemudian mereka mengirimkan demo Rihanna tersebut ke berbagai perusahaan rekaman di Amerika Serikat. Salah satunya ke Jay Z.
• Dan ternyata Jay Z tertarik dengan Rihanna & mengontraknya di bawah perusahaan rekaman bernama Def Jam Records. Rihanna seneng banget (ya iyalah, masa galau) & dia merasa sangat berterima kasih pada Evan & Carl. Dan dia pun berkata "Kalau aku gak pernah bertemu Evan & Carl, mungkin sampai saat ini aku masih akan bermimpi menjadi penyanyi" katanya bersyukur.
• Album pertamanya yang berjudul Music of The Sun dirilis pertama kali tahun 2005. Single pertamanya yang berjudul Pon De Replay langsung menduduki peringkat 2 di tangga lagu Inggris & Amerika Serikat. Dan album ini ternyata terjual sebanyak 500.000 kopi di Amerika Serikat & 2 juta kopi di seluruh dunia.
• Tahun 2006, abum ke 2 nya yang berjudul A Girl Like Me dirilis. Lagu andalannya yaitu SOS digunakan sebagai lagu iklan produk Nike. Lagu ini pun berhasil menjadi lagu no 1 di tangga lagu bergengsi di Amerika Serikat yaitu Billboard Hot 100. Begitu juga dengan tangga lagu di negara lain. Album ini terjual sebanyak 1 juta kopi di Amerika Serikat & 3,5 juta kopi di seluruh dunia.
• Album ke 3 Rihanna yaitu Good Girl Gone Bad dirilis tahun 2007. Di album ini, cewek ini bekerja sama dengan musisi HipHop terkenal yaitu Ne-Yo & Timbaland. Lagu Umbrella yang menampilkan Jay-Z berhasil menjadikan Rihanna superstar baru. Lagu ini berhasil menduduki tangga lago nomer 1 di tangga lagu Inggris selama 10 minggu berturut-turut. Dan ini adalah lagu paling lama yang bisa menduduki peringkat itu & Rihanna menciptakan rekor pemirsa sekalian!! Album ini berhasil terjual sebanyak 6,2 juta kopi (ya, juta) di seluruh dunia. Rihanna pun mendapat penghargaan Platinum dari Amerika Serikat, Rusia, Inggris & Irlandia. Mantap!!
• Lagu Umbrella ternyata telah memikat banyak musisi. Lagu ini dinyanyikan ulang oleh 19 musisi. Ada yang merekamnya di album mereka sendiri & ada juga yang hanya menyanyikannya saat konser. Musisi yang merekam ulang lagu ini antara lain Mandy Moore, OneRepublic, McFly sampai My Chemical Romance.
• Heboh lagu Umbrella di Inggris ternyata muncul bersamaan dengan musim hujan & banjir besar yang melanda Inggris. Gara-gara itu surat kabar The Sun menyebut kejadian ini sebagai Rihanna Curse atau kutukan Rihanna. Di Selandia Baru, kehebohan lagu ini muncul bersamaan dengan badai terburuk di negeri itu. Sementara di Yunani, demam lagu ini bersamaan dengan peristiwa hujan hebat yang melanda negeri ini padahal saat itu di Yunani sedang terjadi kekeringan (Yeh ini mah bukan kutukan ath, berkah ini mah). Begitu juga yang terjadi di Spanyol. Wow, begitu banyak bagian yang mengerikan.
• Tangga lagu Billboard di Amerika Serikat adalah tangga lagu paling bergengsi di dunia & 11 lagu Rihanna berhasil masuk tangga lagu bergengsi ini. Dan 5 lagu diantaranya berhasil menduduki peringkat 1. Gara-gara ini Rihanna dijuluki sebagai penyanyi wanita dengan hits nomer 1 paling banyak pada abad ini.
• Rihanna mendapatkan Grammy Award pertamanya di tahun 2008 dalam kategori Best Rap/Song Colaboration. Rihanna adalah orang ke 2 yang berasal dari Barbados yang berhasil mendapat penghargaan ini. Orang Barbados pertama yang mendapatkan penghargaan ini adalah Jimmy Senya Haynes.
• Rihanna punya yayasan yang bernama Believe Foundation. Yayasan ini didirikan untuk anak-anak yang sakit parah. Untuk itu, Rihanna sering mengadakan konser amal untuk yayasan ini. Dia juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial seperti kampanye AIDS.

Related Articles

2 komentar: