Kamis, 07 Juli 2011

Tips Back to School : Jurus Menghindari Omelan

Seringkali hari pertama sekolah selalu diiringi omelan ortu kita, gimana cara menghindarinya??
Liburan sekolah emang asik, bisa bangun siang, bisa main game sepuasnya, jalan-jalan ke mall atau tempat wisata yang asik, nongkrong bareng temen, ketemu sodara, dll (tapi jangan lupa shalat ya :D). Tapi ingat, tinggal beberapa hari lagi kita Back to School. Dan kalau kita terlena sama aktivitas kebiasaan liburan, hari pertama sekolah bisa ngebuat kita Bete karena diomelin ortu. Nah, disini saya kasih tips untuk menghindari omelan ortu :

1. Atur Ritme Tidur
Kebiasaan libur panjang, kita jadi bisa tidur agak malam. Itu mungkin disebabkan karena pergi berlibur ke luar kota, diajak main sama temen, ke rumah saudara di luar kota atau keasyikan main game. Selama liburan, kebiasaan ini pasti gak akan jadi masalah. Karena bangunnya gak perlu pagi pagi. Malah kalau kita mau nonton bola saat dinihari juga gak ada yang ngelarang kan??
Tapi kebiasaan tidur larut malam & bangun siang ini bisa jadi masalah dahsyat begitu kita harus kembali sekolah. Karena kita harus bangun pagi untuk siap siap sekolah, kita pasti harus bangun awal nih. Kalo kita belum ngantuk lantaran kebiasaan tidur larut malam saat liburan. Wah kalo tentang itu mah no comment dah!!
Supaya hal gawat itu gak terjadi, secara perlahan kita harus mengatur ritme tidur seperti dulu pas sekolah biasa. Misalnya seminggu sebelum masuk sekolah, kita harus membiasakan tidur jangan terlalu larut & pasang alarm agar kita bisa bangun tepat waktu

2. Siapin Alarm!!
Ngaku aja deh, kebanyakan dari kita pasti susah bangun pagi setelah sekian lama liburan. Maklum aja, bisa santai selama 2 minggu, eh tau tau harus bangun pagi & siap siap mandi. Wah kalian ngaku aja deh, pasti pada males rasanya. Tapi ini adalah fakta yang menyebabkan kita sering dimarahin ortu saat hari pertama sekolah.
Kalau kalian gak mau kena marah ortu, sebaiknya pas mau tidur kita setel dulu alarm nya. Setel sesuai jam yang kita inginkan (tapi jangan nyetel alarm jam 9 pagi juga, itu mah sama aja boong hehehe :P) Tapi pas alarm itu bunyi, ya kalian juga harus bangun dong!! Jangan bangun buat matiin alarm doang, terus tidur lagi. Yeh itu mah sama aja boong (lagi). Bukan apa apa, tapi kalo kita gini terus mah urusannya bisa jadi panjang.
Oiya, mandi sama berpakaian juga jangan terlalu buru-buru. Karena kalo kita gitu, ya otomatis mau rapi aja jadi susah. Sarapan juga jadi gak enak karena kita buru-buru. Pastinya kalo kita bangun kesiangan itu adalah segala sumber dari omelan di pagi hari. Siapa sih orang yang mau digituin, orang gila juga gak mau digituin, masa kamu mau??

3. Belanja Lebih Awal
Tahun ajaran baru, pasti semua serba bari donk?? Tapi, jangan girang dulu. Sepatu, seragam, tas, buku & alat tulis baru bisa jadi sumber dari segala omelan kalo kita gak perhatian. Kalian jujur aja deh, pasti kadang suka malas belanjanya iya kan?? Maklum, liburan kan waktunya untuk main game, pasti penginnnya main game terus. Dalam pikiran kita, belanja buat persiapan ajaran baru sih gampang!! Iya kan??
Padahal seragam, sepatu, kaos kaki, buku tulis, tas & alat tulis butuh waktu buat belanjanya. Misalnya milih tas yang sesuai dengan selera kita. Dan juga milih sepatu yang model & ukurannya pas, kan repot tuh kalo tas & sepatu gak sesuai dengan selera kita kalo yang beliin ortu kita.
Selain bisa jadi pusat dari segala omelan pada tahun ajaran baru, kita jadi terpaksa untuk nerima kenyataan kalau ternyata gak jadi dapat sepatu & tas baru yang sesuai dengan selera kita. Kan ujung ujungnya kita juga yang susah. Makanya jangan sepelekan buat belanja barang-barang sekolah. Kalo mau kalian bisa sisihkan 1 atau 2 hari untuk belanja kebutuhan sekolah.
Oiya, kalian juga tinggal milih, mau masuk sekolah dengan gaya keren atau muncul ke sekolah dengan barang-barang aneh yang membuat kita keliatan bego??

4. Siapkan Semuanya
Udah mah bangun kesiangan, mandinya buru-buru, eh pas mau berpakaian malah bingung sendiri. Misalnya seragamnya ada, tapi topi, dasi & sabuk masih dicari-cari. Udah gitu buku & alat tulis masih mencar di sudut kamar & belum masuk ke tas. Sementara sepatunya malah ilang 1. Waduh, gawat tuh!! Udah pasti kita dimarahin sama ortu. Habisnya kita teledor banget sih!!
Makanya, kalo besok mau masuk sekolah siapin dulu semuanya. PS3 & PSP nya mending diberesin dulu deh. Meja belajar yang keadaan pas liburan penuh dengan komik, action figure & die-cast lebih baik diberesin lagi ke tempat asalnya. Dan yang paling penting jangan lupa siapin keperluankita buat sekolah besok pagi. Yang lebih asik nih, kalo pas sore atau malamnya semua perlengkapan sekolah udah masuk semua dalam tas.
Misalnya yang harus udah ada di tas itu buku & alat tulis. Seragam, kaus kaki, topi, sabuk & sepatu udah disiapin. Kan kalo gitu pas paginya kita gak repot. Abis mandi, kita berpakaian, ambil tas & pakai sepatu. Beres deh!!
Beres, rapi & ganteng deh kita di hari pertama sekolah!! :D

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar