Sabtu, 30 Juli 2011

Mengenal Global Warming

Pemanasan Global atau Global Warming udah di depan mata. Apa tandanya & siapa yang tau apa penyebabnya???
Semakin tahun semakin banyak bukti tentang pemanasan global atau global warming atau bisa juga disebut perubahan iklim. Dan di Wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia, adalah salah 1 tempat yang paling berbahaya jika global warming terus terjadi. Apa saja fakta yang harus kita tau tentang Global Warming???

Tanda-Tanda Global Warming
• Rata-rata suhu di bumi naik hingga 0,8 derajat Celcius sejak tahun 1880. Tapi kebanyakan penyebab naiknya suhu terjadi dalam beberapa puluh tahun terakhir. Dan abad 20 adalah abad terpanas bibanding abad sebelumnya dalam 400 tahun terakhir.
• Es di Artik maupun Antartika langsung mencair dengan cepat. Diperkirakan pada tahun 2040, di 2 wilayah kutub tersebut udah gak akan ada es lagi. Kenaikan suhu di daerah dekat kutub seperti Alaska, Kanada barat & Rusia timur lebih tinggi 2 kali dibanding wilayah lain di dunia ini.
• Glesier & gunung es akan lebih cepat mencair. Contohnya Montana Glacier National Park di Amerika Serikat yang kini cuman punya 27 glesier. Padahal di tahun 1910, di tempat ini ada 150 glesier.
• Koral laut yang sangat sensitif terhadap perubahan suhu mengalami akibat paling parah dari pemanasan bumi. Banyak sekali koral laut yang mati karena stress & populasinya berkurang sampai 70%. Dan diperkirakan akan banyak koral laut yang mati di tahun mendatang.
• Terjadi perubahan cuaca yang extrim, seperti gelombang panas, badai tropis yang mematikan & hawa super panas yang terjadi di beberapa negara belakangan ini. Terakhir hawa super panas menyerang Amerika Serikat & menewaskan 22 orang.

Siapa & Apa penyebabnya
• Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh 2500 ilmuwan dari 130 negara, penyebab semua atau sebagian besar global warming adalah manusia. Pembangunan industri, penggundulan hutan & polusi yang berlebihan membuat atmosfer penuh dengan air, Karbon Dioksida, zat metana dll. Semua ini menghambat panas keluar dari bumi & akhirnya panas itu kembali ke permukaan bumi.
• Manusia menghasilkan jumlah Karbon Dioksida atau CO2 lebih banyak dibanding Karbon Dioksida yang mampu diserap oleh tumbuhan atau laut.
• Berdasarkan penelitian, perputaran bumi juga ikut membuat global warming. Ini udah terbukti pada ratusan ribu tahun yang lalu karena dulu juga pernah terjadi perubahan panas bumi. Perubahan saat ini adalah bagian dari perubahan panas bumi selama ratusan tahun terakhir.

Apa yang Akan Terjadi di Masa Depan??
• Berdasarkan penelitian yang dilakukan tahun 2007, global warming bisa mengakibatkan kekurangan bahan pangan & air. Juga bisa memusnahkan beberapa jenis binatang liar.
• Permukaan air laut akan naik dari 7-23 inci (sekitar 10-59 cm) pada akhir abad ini. Kalo air laut naik 10 cm aja bisa mengakibatkan banjir besar di kawasan Laut Selatan & bisa menenggelamkan beberapa wilayah di Asia Tenggara.
• Diperkirakan ratusan juta orang akan hidup 1 meter di bawah permukaan laut (ya, 1 meter). Glesier akan mencair & meningkatkan permukaan air laut & mengurangi air segar

Ayo Selamatkan Bumi!
• Tas plastik yang sering dipakai saat belanja ternyata baru berubah menjadi kompos setelah 15-1000 tahun. Setiap kali kita memakai tas plastik berarti kita juga meningkatkan pemakaian bahan bakar. Soalnya bahan baku plastik adalah bahan bakar. Di beberapa negara, penggunaan kantong plastik udah mulai dikurangi. Di Irlandia misalnya, setiap pembeli yang memakai kantong plastik akan dikenai biaya 20 sen. Ternyata dengan hal ini penggunaan kantong plastik di Irlandia berkurang hingga 90%. Wah, musti dicontoh itu mah :D

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar