Sabtu, 14 Mei 2011

Sejarang Singkat Palang Merah International

Perang dimulai antara kekaisaran Australia & pasukan Prancis (Sardinia) di desa Soulferino, Italia Utara (2 Juni 1859) yang selama 16 jam telah menewaskan 40.000 orang, diantaranya 3 panglima besar, 9 Jendral & 20.000 prajurit biasa.
Saat itu Jean Henry Dunant melewati desa Soulferino dengan tujuan menemui Kaisar Napoleon II untuk berbisnis, namun perjalanannya terhenti saat dia melihat ribuan korban perang dibiarkan begitu saja tanpa makanan, minuman, obat-obatan ataupun tim penolong dari negaranya sendiri. Saat Jean Henry Dunant datang untuk menolong mereka, ia datang ke desa Castiglione, ia mengumpulkan beberapa orang dari korban & dia pun mengorganisasikan kelompok penolong, seperti wanita yang secara sukarela datang membantu di sebuah Gereja bernama Chesa Manggiore. Meski para wanita itu tidak terlatih, Jean Herny Dunant tidak berhenti mengintaikan Tuttyflutelly yang artinya mereka semua adalah saudara. Kata-kata itu menjadi pedoman bagi para sukarelawan untuk menolong sesama.
Hal itu lantas tidak membuat Jean Henry Dunant sudah puas. Ia merasakan hal yang ia lakukan tidak akan merubah apapun. Selama para sukarelawan tidak diorganisasikan. Akhirnya ia menulis peristiwa yang ia alami dalam buku karangannya yang berjudul Un Souvenir de Soulferino (Prancis), A Memory of Soulferino (Inggris) & Kenangan dari Soulferino (Indonesia). Buku itu menceritakan kejadian asli di Soulferino. Di dalam buku itu ia berpesan agar di setiap negara dibentuk relawan yang mengurus korban perang, agar negara-negara membuat kesepakatan untuk melindungi para relawan penolong pertama. Buku itu pun menarik banyak orang termasuk seorang pengacara bernama Gustave Maynier. Bersama-sama mereka pun membentuk kelompok komite 5 yang anggotanya terdiri atas :
1. Jean Henry Dunant
2. Gustave Maynier, seorang pengacara yang berjasa besar dalam menolong kaum miskin di Ganeva
3. Dr. Louis Appta, orang yang berjasa dalam mengembangkan tandu yang memadai
4. Dr. Theodore Mounoir, jasanya sangat besar bagi hal yang praktis
5. Jend. Dufour, seorang panglima militer yang berkeprimanusiaan & sangat dihormati di Swiss

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar