Selasa, 29 November 2011

Biografi Chris Rock

Hei broo, kalian pasti ketawa ngeliat gaya & ocehan Marty si Zebra dalam film Madagascar 2 : Escape to Africa. Kalau kita teliti sih, gaya & tampang si Marty zebra sama Chris Rock memang mirip, ya iyalah kan Chris Rock itu adalah pengisi suara si Marty zebra itu. Kepintara Chris Rock membuat film itu jadi enak ditonton, kan??
Rupanya Chris memang sudah lama jadi pelawak. Ia bahkan mengawali pekerjaannya sebagai pelawak. Sepertinya Chris ingin menunjukkan kalau dirinya juga bisa sukses berkarir, meskipun bukan keturunan kulit putih. Maklum, dulu negri yang sekarang dipimpin Barack Obama ini kan emang sangat rasis (membedakan ras/keturunan). Penduduk kulit hitam dianggap warga negara kelas 2 & gak diberi kesempatan untuk berprestasi. Namun Chris berhasil membuktikan bahwa dirinya mampu berkarir dengan baik.
Chris lahir di South Carolina, Amerika Serikat. Tapi gak lama setelah lahir, ia pindah ke Brooklyn. Ia berasal dari keluarga yang sederhana. Ayahnya bekerja sebagai supir truk sekaligus pengantar koran sedangkan Ibunya bekeja sebagai guru & pekerja sosial. Chris yang mempunyai 4 saudara ini punya keinginan berkarir di dunia hiburan setelah terkesan dengan kakeknya yang seorang penceramah di gereja. Nah, gimana perjalanan karir Chris Rock, ini dia!! :

Pelawak
Boleh dibilang, jadi pelawak merupakan profesi pertama yang ditekuni Chris Rock. Tahun 1985 di New York sedang diadakan audisi bintang komedi. Chris ini jelas gak mau ketinggalan. Bahkan, ia sempat menonton Eddy Murphy di sebuah tempat hiburan. Namun baru 5 tahun kemudian kemampuan melawaknya akhirnya muncul di TV, yaitu di serial ngetop berjudul Saturday Night Live.
Tahun 1993, ia mendapat kesempatan menjadi bintang tamu di acara serial komedi lainnya yang berjudul In Living Color. Tapi, tanpa alasan yang jelas, serial tersebut dihentikan beberapa bulan kemudian. Sejak itulah, Chris memutuskan untuk fokus pada profesi artis film saja.
Setahun kemudian, bintang komedi ini kembali bersinar. Ia mendapat tawaran untuk acara TV berjudul Big Ass Joke yang ditayangkan di jaringan TV HBO. Bahkan, HBO ini membuat acara yang berjudul The Chris Rock Show. Acara ini adalah talk show komedi yang mendundang artis & politikus terkenal untuk diwawancarai. Kesuksesan acara ini menjadikan ia sebagai manusia terkocak di Amerika.

Bintang Film + Sutradara
Sempat jeda sebagai pelawak, Chris Rock menjajal profesi baru sebagai bintang film. Beverly Hills Cop II (1987) merupakan film pertama yang ia bintangi, itu pun setelah ia diajak oleh Eddy Murphy. Setelah itu beberapa film pun dibintanginya, diantaranya film tentang grup musik rap bernama CB4 (1993). Memang film itu gak sukses, tapi lumayan lah!! Sebelum itu juga ia mendapat peran yang dramatis dalam film New Jack City (1991).
Setelah itu tawaran main film terus berdatangan kepadanya. Apalagi gayanya yang kocak dalam film ternyata disukai banyak orang. Misalnya saat ia berperan sebagai Detektif Lee Butters dalam film Lethal Weapon 4 (1998), atau sebagai komedian dalam film Artificial Intelligence (2000). Selain kocak, Chris juga pintar. Bukan cuma sebagau bintang film saja, tapi juga menulis cerita sekaligus menjadi sutradara sekaligus seperti dalam film Head of State (2003). Rupanya pekerjaan di dunia film ini sangat disukainya. Termasuk mengambil peran sebagaipengisi suara dalam film sukses Madagascar 2 : Escape to Africa (2008). Jadi, biar tingkahnya gak keliatan, suaranya aja udah bikin kita ketawa.

Bikin Album Rekaman
Bakat Chris Rock sebagai pelawak gak cuma dipraktekan di panggung & film saja, tapi juga di dapur rekaman. Ia pertama kali merekam album komedi pada tahun 1991 yang berjudul Born Suspect. Penjualannya juga lumayan lah, yaitu sekitar 500.000 keping. Setelah album pertamanya sukses, ia merilis album ke 2 berjudul Roll With The New (1997) & penjualan album ini pun cukup berhasil. Bahkan mendapatkan setifikat Platinum sebagai tanda bahwa penjualannya mencapai 1 juta keping + mendapat penghargaan sebagai Best Spoken Comedy Album dalam Grammy Award 1998. Angka 1 juta keping terjadi pada saat Chris meliris Bigger and Blacker (1999) & Never Scared (2004). Di semua albumnya, Chris gak cuma ngelawak lewat cerita, tapi juga sedikit bernyanyi dengan irama RnB & Hiphop. Suaranya pun gak kalah bagus, kok, dengan penyanyi terkenal lain.

Data Chris Rock
Nama Lengkap : Christoper Julius Rock III
Nama Panggilan : Chris Rock
Tempat Tanggal Lahir : South Carolina, 7 Februari 1965
Tempat Tinggal : New Jersey, Amerika Serikat
Status : Menikah

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar